PENGARUH PEMBERIAN BIOCHAR TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT TANAMAN KOPI ROBUSTA (Coffea canephora var. robusta)

Ananda, Risky Fadilla (2020) PENGARUH PEMBERIAN BIOCHAR TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT TANAMAN KOPI ROBUSTA (Coffea canephora var. robusta). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER & ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
BAB 5 Penutup (1).pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
FULL TEXT SKRIPSI FIX ANANDA RISKY F.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kebutuhan kopi di dunia setiap tahunnya terus meningkat, karena kopi merupakan komoditi penting dalam perdagangan internasional sejak abad ke-19. Selain kualitas bibit dan pemupukan, media tanam juga memiliki peranan penting untuk mendapatkan bibit kopi robusta yang baik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan seperti dengan pemberian biochar sebagai bahan pembenah tanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh biochar tandan kosong kelapa sawit terhadap pertumbuhan bibit kopi robusta dan juga untuk mendapatkan dosis terbaik biochar tersebut. Penelitian ini dilakukan di kebun percobaan Jurusan Budidaya Perkebunan Universitas Andalas Kampus III Dharmasraya pada bulan November 2019 sampai Februari 2020. Percobaan ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 dosis perlakuan biochar tandan kosong kelapa sawit yaitu = 0, 100, 150, 200, 250 g/polybag dan 5 ulangan. Masing- masing satuan percobaan terdapat 2 tanaman sehingga keseluruhan diperoleh 50 tanaman sampel. Data pengamatan dianalisis dengan uji F pada taraf 5 %, jika berbeda nyata maka dilanjutkan dengan uji lanjut Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian biochar tandan kosong kelapa sawit sementara belum berbeda nyata pada variabel tinggi bibit, panjang daun dan lebar daun bibit kopi robusta. Namun pemberian biochar dengan dosis 100 g/polybag mampu mendorong pertumbuhan diameter batang, jumlah daun, dan panjang akar bibit tanaman kopi robusta. Kata kunci : amelioran, biochar, tandan kosong kelapa sawit, kopi robusta, pertumbuhan

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Wulan Kumala Sari, SP , MP , PhD
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 26 Nov 2020 03:04
Last Modified: 26 Nov 2020 03:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/65035

Actions (login required)

View Item View Item