ANALISIS PENGELOLAAN IRIGASI PADA PERKUMPULAN PETANI PEMAKAI AIR (P3A) (STUDI KASUS P3A SEPAKAT DI KELURAHAN PAYOBASUANG KECAMATAN PAYAKUMBUH TIMUR)

Dian, Arista (2019) ANALISIS PENGELOLAAN IRIGASI PADA PERKUMPULAN PETANI PEMAKAI AIR (P3A) (STUDI KASUS P3A SEPAKAT DI KELURAHAN PAYOBASUANG KECAMATAN PAYAKUMBUH TIMUR). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
Abstrak.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (322kB) | Preview
[img] Text (FULL SKRIPSI)
full skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan Pengelolaan Irigasi pada Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Sepakat di Kelurahan Payobasuang Kecamatan Payakumbuh Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah anggota P3A Sepakat yang terdiri dari 260 orang petani. Sebanyak 73 sampel diambil dari 5 hamparan memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur (anggota) populasi untuk dipilih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengelolaan irigasi pada perkumpulan Perkumpulan Pemakai Air (P3A) Sepakat dalam pembagian air di setiap Hamparan mendapatkan giliran. Hamparan Parak Laweh, Hamparan Padang Aur dan Hamparan Kaludan mendapat pergiliran pada siang hari sedangkan Hamparan Sawah Lakuang dan Sawah Ambacang mendapat pergiliran malam hari. Pemeliharaan Irigasi dilakukan secara Rutin, Berkala dan Darurat. Saluran irigasinya berfungsi dengan baik hanya beberapa yang mengalami rusak ringan. Pengerahan sumberdaya yang dilakukan di perkumpulan petani pemakai air (P3A) Sepakat mencakup, kegiatan gotong royong yang dilakukan 1kali dalam setiap panen dan iuran. Iuran dilakukan setiap kali panen sejumlah 1 gantang padi yang dikumpulkan oleh pengurus. Setiap hamparan mempunyai kolam ikan yang penggunaan airnya tidak dialirkan kembali ke irigasi sehingga terkadang terjadi kekurangan air sehingga menyebabkan terjadinya konflik antar petani. Penyelesaian konflik dilakukan dengan musyawarah oleh pengurus atau diselesaikan oleh orang yang bersangkutan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Ir. Yonariza, M.Sc, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: P3A, Pengelolaan Irigasi, Konflik
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 20 Nov 2020 09:27
Last Modified: 20 Nov 2020 09:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/64993

Actions (login required)

View Item View Item