PENGARUH KONSENTRASI Benzyl Adenin Purin TERHADAP INDUKSI TUNAS LANSEK MANIH (Lansium domesticum var Pubescens) SECARA IN VITRO THE EFFECT CONCENTRATION OF Benzyl Adenine Purine ON SHOOT INDUCTION OF LANSEK MANIH (Lansium domesticum var Pubescens) IN VITRO

Sarah, Alvionita (2020) PENGARUH KONSENTRASI Benzyl Adenin Purin TERHADAP INDUKSI TUNAS LANSEK MANIH (Lansium domesticum var Pubescens) SECARA IN VITRO THE EFFECT CONCENTRATION OF Benzyl Adenine Purine ON SHOOT INDUCTION OF LANSEK MANIH (Lansium domesticum var Pubescens) IN VITRO. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover and Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB akhir.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh-dikonversi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (989kB)

Abstract

Perbanyakan lansek manih (Lansium domesticum var Pubescens) dihadapkan pada kesulitan mendapatkan bibit yang bermutu tinggi, dengan jumlah yang banyak dalam waktu singkat maka perlu dilakukan perbanyak secara in vitro dengan menggunakan BAP untuk meransang terbentuknya tunas baru sehingga dapat dimanfaatkan sebagai bahan perbanyakan tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan konsentrasi BAP terbaik untuk menginduksi tunas pada tanaman lansek manih secara in vitro. Penelitian ini telah dilaksanakan di Laboratorium Kultur Jaringan, Jurusan Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Andalas, Padang pada bulan Maret - Juni 2020. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 4 perlakuan yang diulang sebanyak 5 kali. Perlakuan yang digunakan adalah 0,5 ppm BAP; 1,0 ppm BAP; 2,0 ppm BAP; 3,0 ppm BAP. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian BAP dapat mempengaruhi induksi tunas lansek manih secara in vitro. Perlakuan BAP 1,0 ppm adalah yang paling berpengaruh menginduksi tunas lansek manih dengan persentase hidup eksplan mencapai 90%, persentase membentuk eksplan membentuk tunas hingga 90% dengan jumlah tunas 1,3 tunas pernodus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Benni Satria, MP
Uncontrolled Keywords: BAP, bibit, lansek manih, nodus, tunas
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 26 Jan 2021 03:21
Last Modified: 26 Jan 2021 03:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/64974

Actions (login required)

View Item View Item