Gambaran Resistensi Nyamuk Ae. aegypti secara Molekuler terhadap Alfa-Sipermetrin 0,025% di Nagari Salido, Kecamatan IV Jurai, Pesisir Selatan

Aisyah, Aisyah (2020) Gambaran Resistensi Nyamuk Ae. aegypti secara Molekuler terhadap Alfa-Sipermetrin 0,025% di Nagari Salido, Kecamatan IV Jurai, Pesisir Selatan. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7 Penutup)
PENUTUP.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Resistensi pada nyamuk vektor merupakan perubahan sensitivitas yang dapat diwariskan, disebabkan oleh penggunaan insektisida dalam jangka waktu yang lama. Resistensi nyamuk Aedes aegypti terhadap insektisida piretroid telah banyak ditemukan di Indonesia, termasuk di Sumatra Barat. Pada penelitian ini uji resistensi dilakukan terhadap populasi nyamuk Aedes aegypti yang berasal dari Nagari Salido, Pesisir Selatan dengan insektisida yang diujikan yaitu Alfa-Sipermetrin. Resistensi ini dapat terjadi melalui beberapa mekanisme diantaranya mutasi genetik pada target site. Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi dan mengidentifikasi resistensi nyamuk Ae. aegypti secara molekuler pada titik mutasi V1016 dan S989. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan sampel nyamuk Ae. aegypti dewasa yang telah melalui susceptibility test WHO. Sampel penelitian sebanyak 25 nyamuk terdiri dari 6 nyamuk terduga resisten dan 19 nyamuk terduga rentan. Deteksi resistensi secara molekuler dilakukan dengan isolasi DNA nyamuk, lalu dilanjutkan dengan polimeration chain reaction (PCR) dan elektroforesis. Hasil penelitian ini yaitu terdeteksinya homozigot mutan sebagai genotip predominan pada titik V1016 baik pada nyamuk yang terduga rentan maupun nyamuk yang terduga resisten, sedangkan pada titik S989 ditemukan lebih banyak genotip wildtype. Tipe mutasi terbanyak yaitu mutasi tunggal pada V1016 dan diikuti mutasi kombinasi V1016 dan S989. Sekuensing dilakukan pada empat sampel dengan hasil terlihat perubahan dari GTA menjadi GGA yang mengubah asam amino Valin menjadi Glisin dan TCC menjadi CCC yang mengkode Serin menjadi Prolin pada S989. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu ditemukan mutasi pada titik V1016 dan S989 pada gen VGSC yang merupakan gen target dari insektisida piretroid. Kata Kunci: Aedes aegypti, Resistensi Molekuler, Alfa-Sipermetrin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Hasmiwati, M.Kes
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 20 Nov 2020 06:55
Last Modified: 20 Nov 2020 06:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/64924

Actions (login required)

View Item View Item