Pengaruh Suplementasi Probiotik Saccharomyces cerevisiae dalam ransum Terhadap Performans Produksi dan Profil Darah Sapi PO di Peternakan Dua Sarana Kecamatan Lubuk Alung kabupaten Padang Pariaman.

Vivi, Jusman (2020) Pengaruh Suplementasi Probiotik Saccharomyces cerevisiae dalam ransum Terhadap Performans Produksi dan Profil Darah Sapi PO di Peternakan Dua Sarana Kecamatan Lubuk Alung kabupaten Padang Pariaman. Masters thesis, Univeristas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER 1.pdf - Published Version

Download (719kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
bab 1 tesis vj ok.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Penutup)
bab v kesimpulan.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka proposal vj.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Thesis Full Text)
tesis vj terbaru ok.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh suplementasi saccharomyces cerevisiae dalam ransum terhadap performans produksi diantaranya pertambahan bobot badan (PBB), konsumsi ransum, dan efisiensi ransum serta profil darah sapi PO. Materi penelitian menggunakan 20 ekor sapi PO jantan dengan rataan umur 2-2.5 tahun, bobot badan awal kisaran 135-200 kg dengan body conditions score (BCS) yang hampir sama yaitu kisaran 5-6 dalam skala 9. sapi dibagi menjadi 2 kelompok dengan masing-masing kelompok berjumlah 10 ekor. kelompok pertama diberi pakan perusahaan dan kelompok kedua diberi pakan perlakuan (pakan perusahaan dengan penambahan saccharomyces cerevisiae 0.5% dari berat kering konsentrat). penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan uji-t untuk membandingkan performans produksi ternak sedangkan untuk profil darah dijelaskan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa suplementasi saccharomyces cerevisiae dalam ransum dapat meningkatkan konsumsi ransum, pertambahan bobot badandan efisiensi ransum sapi PO. profil darah sapi PO yang disuplementasi saccharomyces cerevisiae dalam ransum menunjukkan angka yang lebih tinggi untuk HDL(kolesterol baik), glukosa, total protein dan albumin serta lebih rendah untuk total kholesterol, LDL (kolesterol jahat) dan Triglyserida dibandingkan dengan profil darah tanpa suplementasi saccharomyces cerevisiae.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof.Dr.Ir.Hj Arnim,Ms
Uncontrolled Keywords: Sapi PO, Probiotik, Performans Produksi, Profil Darah
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 19 Nov 2020 07:23
Last Modified: 19 Nov 2020 07:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/64845

Actions (login required)

View Item View Item