PENGARUH PENGGUNAAN ADSORBEN DARI MODIFIKASI PERLIT DENGAN CANGKANG PENSI TERHADAP PERUBAHAN NILAI BOD, COD, DAN pH AIR SUNGAI BATANG MUARO KASANG

Risa, Oktaviani (2020) PENGARUH PENGGUNAAN ADSORBEN DARI MODIFIKASI PERLIT DENGAN CANGKANG PENSI TERHADAP PERUBAHAN NILAI BOD, COD, DAN pH AIR SUNGAI BATANG MUARO KASANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Proses penjernihan air sungai Batang Muaro Kasang, Kota Padang telah dilakukan menggunakan metode adsorpsi batch dengan adsorben dari modifikasi perlit dan cangkang pensi. Perlit dan cangkang pensi sebelum proses modifikasi, dipanaskan terlebih dahulu pada suhu 900°C untuk menambah jumlah pori sehingga meningkatkan kemampuan penyerapannya. Kondisi air sungai yang tercemar menyebabkan tingginya nilai BOD, COD, dan pH pada air sungai tersebut. Analisis parameter Biologycal Oxygen Demand (BOD), Chemical Oxygen Demand (COD), dan pH dilakukan sebelum dan sesudah adsorpsi. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh kondisi optimum dari massa campuran modifikasi yaitu (20:15) g. Kemudian, berdasarkan variasi volume air sungai, diperoleh volume optimum yaitu 50 mL pada analisis BOD dan 100 mL pada analisis COD. Waktu kontak optimum yang diperoleh dari proses adsorpsi adalah 120 menit. Metode adsorpsi pada penjernihan air sungai tersebut mampu menurunkan nilai BOD dan COD sebesar 97,45% dan 58,54%, namun pH air sungai mengalami kenaikan dari 9 menjadi 11. Karakterisasi adsorben sebelum dan sesudah adsorpsi dilakukan menggunakan FTIR dan XRF. Hasil karakterisasi menggunakan FTIR menunjukkan adanya gugus -NH2 pada angka gelombang 3638,72 cm-1 tetapi sesudah adsorpsi, gugus tersebut tidak muncul lagi. Karakterisasi menggunakan XRF menunjukkan peningkatan kandungan SiO2 dari 46,314% menjadi 56,317% dan Al2O3 dari 7,531% menjadi 9,672% serta menurunnya kandungan CaO dari 38,655% menjadi 27,947%. Berdasarkan perubahan gugus fungsi dan komposisi kimia adsorben sebelum dan sesudah adsorpsi, menunjukkan bahwa telah terjadinya proses adsorpsi pada penjernihan air sungai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Rahmiana Zein, Ph. D
Uncontrolled Keywords: Adsorpsi, perlit, cangkang pensi, BOD, COD
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 19 Nov 2020 04:15
Last Modified: 19 Nov 2020 04:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/64799

Actions (login required)

View Item View Item