Implementasi Kebijakan Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di Lingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang tahun 2019

Risfa, Oktrina (2020) Implementasi Kebijakan Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di Lingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang tahun 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover + Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
BAB VI Penutup.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full Text)
Skripsi Full Text_compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Dalam rangka mewujudkan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berkualitas terutama pada Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT), maka pemerintah menetapkan berbagai kebijakan yang bertujuan untuk mengatur bagaimana pengisian JPT ini dilakukan dengan sistem merit. Padang Panjang merupakan salah satu kota di Provinsi Sumatera Barat yang melakukan pengisian JPT Pratama di lingkungan pemerintahannya melalui job fit dan seleksi terbuka pada tahun 2019. Dalam survei awal yang peneliti lakukan, terdapat indikasi bahwa Kota Padang Panjang telah melaksanakan kebijakan ini sesuai dengan aturan yang ada. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana implementasi kebijakan pengisian JPT Pratama di lingkungan instansi pemerintah Kota Padang Panjang tahun 2019 yang dilakukan oleh implementor sehingga terlaksana dengan baik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif serta teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Teori yang digunakan untuk menganalisis kebijakan ini adalah teori George Edwards III dengan empat variabel utama yakni komunikasi, sumberdaya, disposisi dan struktur birokrasi untuk mengetahui keberhasilan dan kegagalan dalam implementasi kebijakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan pengisian JPT Pratama di Kota Padang Panjang tahun 2019 berjalan dengan baik disebabkan adanya faktor komunikasi yang baik dan jelas dalam melaksanakan kebijakan. Selain itu adanya kriteria dalam pemilihan implementor sehingga SDM yang melakukan kebijakan ini berkualitas. Kemudian Kota Padang Panjang memiliki anggaran yang mencukupi sehingga membantu dalam penyediaan fasilitas dan pemberian insentif. Adapun faktor lain yang mempengaruhi terhadap keberhasilan pelaksanaan kebijakan ini adalah adanya komitmen serta kriteria Walikota Padang Panjang dalam pemilihan pejabat hasil seleksi, sehingga mengurangi resiko pemilihan pejabat hanya karena kepentingan politik. Selanjutnya terdapat koordinasi antara implementor serta pihak terkait dalam melaksanakan kebijakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Rozidateno Putri Hanida, S.IP, M.PA
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan, Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 18 Nov 2020 02:50
Last Modified: 18 Nov 2020 02:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/64783

Actions (login required)

View Item View Item