Uji Aktivitas Antioksidan dan Sitotoksik serta Kandungan Fenolik Total Ekstrak Daun Jambu Air (Syzygium aqueum (Burm.f.) Alston) Buah Hijau

Elin, Novianti (2020) Uji Aktivitas Antioksidan dan Sitotoksik serta Kandungan Fenolik Total Ekstrak Daun Jambu Air (Syzygium aqueum (Burm.f.) Alston) Buah Hijau. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (989kB)

Abstract

Jambu air (Syzygium aqueum (Burm.f.) Alston ) dengan lebih dari satu kandungan senyawa kimia memiliki banyak aktivitas farmakologi diantaranya aktivitas antioksidan dan aktivitas antikanker sehingga dapat digunakan sebagai obat tradisional. Tumbuhan ini juga mempunyai begitu banyak ragam dan variasi warna, mulai dari putih, hijau, merah muda, merah, hingga merah kecokelatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas antioksidan, aktivitas sitotoksik dan kandungan fenolik total dari ekstrak metanol, etil asetat, dan heksana dari daun jambu air buah hijau. Ekstraksi dilakukan dengan metode maserasi menggunakan pelarut metanol, etil asetat, dan heksana. Pengujian aktivitas antioksdan dengan menggunakan metode DPPH, aktivitas sitotoksik dengan metode BSLT, dan kandungan fenolik total dengan metode Folin-Ciocalteu. Hasilnya menunjukan bahwa ekstrak metanol bersifat antioksidan sangat kuat (IC50 17,9588 mg/L), ekstrak etil asetat menunjukkan sifat antioksidan yang kuat (67,5459 mg/L), sedangkan ekstrak heksana tidak bersifat antioksidan (IC50 766,8333 mg/L). Hasil uji sitotoksik menunjukkan bahwa ekstrak metanol, etil asetat dan heksana bersifat toksik dengan nilai LC50 berturut-turut yaitu 380,1019; 235,3423; dan 202,4883 mg/L. Kandungan fenolik total pada ekstrak metanol, etil asetat dan heksana secara berturut-turut adalah 5,9077; 5,3692; dan 4,7154 mg GAE/g sampel. Pada penelitian ini dapat diketahui bahwa aktivitas antioksidan terkuat dimiliki oleh ekstrak metanol dengan kandungan fenolik total yang berbanding lurus, sedangkan aktivitas sitotoksik tertinggi pada ekstrak heksana. Oleh karena itu, daun jambu air hijau merupakan sumber penting dari senyawa bioaktif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Afrizal
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 18 Nov 2020 04:02
Last Modified: 18 Nov 2020 04:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/64759

Actions (login required)

View Item View Item