PERAN POLRI DALAM MENANGGULANGI TINDAK PIDANA PERDAGANGAN BARANG TIDAK MEMENUHI STANDAR NASIONAL INDONESIA (SNI) (Studi Kasus di Kepolisian Daerah Polda Sumatra Barat)

Adek, Ferdiyan (2020) PERAN POLRI DALAM MENANGGULANGI TINDAK PIDANA PERDAGANGAN BARANG TIDAK MEMENUHI STANDAR NASIONAL INDONESIA (SNI) (Studi Kasus di Kepolisian Daerah Polda Sumatra Barat). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Memperdagangkan barang dagang yang tidak memiliki Standar Nasional Indonesia (SNI) merupakan suatu tindak pidana yang mengakibatkan kerugian dalam hal pembangunan ekonomi. Indonesia merupakan salah satu negara berkembang yang melakukan pembangunan dibidang ekonomi. Sehingga Indonesia menjadi salah satu sasaran tempat memperdagangkan barang dagang yang tidak memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). Di provinsi Sumatra Barat sendiri peredaran barang dagang tidak memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) terjadi dalam skala yang besar. Direktorat Reserse khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumatra Barat KBP Arly Jembar Jumhana mengatakan “kami sudah melakukan penangkapan tindak pidana peredaran barang dagang tidak memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) sebanyak 2 (dua) kasus dengan jumlah barang bukti dengan skala yang besar pada 4 tahun terakhir“ yaitu, Kasusnya Besi tidak memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) 6000 batang pada tahun 2018, 30 ton gula kemasan illegal tidak memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : 1)Bagaimanakah peran Polri dalam menaggulangi tindak pidana peredaran barang dagang tidak memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) di wilayah hukum Polda Sumatra Barat ? 2)Apakah faktor yang menghambat upaya Polri dalam menanggulangi tindak pidana peredaran barang dagang tidak memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) di wilayah hukum Polda Sumatra Barat ?. Penelitian ini menggunakan metode yuridis sosiologis, sifat penelitian deskriptif, teknik pengumpulan data adalah studi dokumen dan wawancara. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di peroleh hasil yakni : 1. Peran Polri dalam menaggulangi tindak pidana peredaran barang dagang tidak memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) di wilayah hukum Polda Sumatra Barat yaitu dalam bentuk tindak upaya represif berupa melakukakan mensegel PT Sumber Baru. 2. Faktor yang menghambat upaya Polri dalam menanggulangi tindak pidana peredaran barang dagang tidak memenuhi SNI di wilayah hukum Polda Sumatra Barat adalah faktor sarana dan prasarana karena tidak teralokasinya anggaran dana yang memadai untuk kepentingan penyidikan, mulai dari kegiatan operasional, upaya paksa, pengangkutan sampai dengan pengamanan dan penghitungan barang bukti yang membutuhkan biaya yang cukup tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Yoserwan,S.H.,M.H, LLM
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 13 Nov 2020 04:31
Last Modified: 13 Nov 2020 04:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/64484

Actions (login required)

View Item View Item