TINJAUAN YURIDIS MENGENAI PENJATUHAN PIDANA OLEH HAKIM TERHADAP TINDAK PIDANA PELAKU USAHA MEMPERDAGANGKAN BARANG TIDAK SESUAI DENGAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN

Atmajuwita, Marsal (2020) TINJAUAN YURIDIS MENGENAI PENJATUHAN PIDANA OLEH HAKIM TERHADAP TINDAK PIDANA PELAKU USAHA MEMPERDAGANGKAN BARANG TIDAK SESUAI DENGAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pelaku usaha yang memperdagangkan daging babi tanpa memberikan keterangan mengenai hal tersebut merupakan suatu tindak pidana sebagaimana diatur pada peraturan perundang-undangan. Putusan Nomor 429/Pid.Sus/2019/PN Pdg adalah salah satu contoh kasus pelanggaran mengenai tindak pidana pelaku usaha memperdagangkan barang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Adapun rumusan masalah yang dibahas dalam skripsi ini yaitu: 1. Apakah bentuk putusan pemidanaan oleh hakim dalam tindak pidana pelaku usaha memperdagangkan barang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan dalam putusan Nomor: 429/Pid.Sus/2019/PN Pdg? 2. Apakah dasar pertimbangan hakim dalam memutus perkara tindak pidana pelaku usaha pelaku usaha memperdagangkan barang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan dalam putusan Nomor: 429/Pid.Sus/2019/PN Pdg? Metode penelitian yang digunakan adalah metode yuridis. Dari hasil penelitian, 1. Bentuk putusan pemidanaan oleh hakim dalam tindak pidana pelaku usaha memperdagangkan barang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan dalam putusan Nomor: 429/Pid.Sus/2019/PN Pdg, dapat dikatakan cukup ringan, padahal akibat dari perbuatan tersebut berdampak besar bagi masyarakat 2. Dasar Pertimbangan Hakim Dalam Memutus Perkara Tindak Pidana Pelaku Usaha Pelaku Usaha Memperdagangkan Barang Tidak Sesuai Dengan Peraturan Perundang-Undangan Dalam Putusan Nomor: 429/Pid.Sus/2019/PN Pdg berdasarkan 2 (dua) jenis pertimbangan yaitu pertimbangan yuridis dan pertimbangan non yuridis. Pertimbangan yuridis adalah pertimbangan hakim yang didasarkan pada faktor-faktor yang terungkap di dalam persidangan dan oleh Undang-undang telah ditetapkan sebagai hal yang harus dimuat dalam persidangan. Pertimbangan non yuridis adalah keadaan yang berkaitan dengan diri terdakwa seperti latar belakang terdakwa dalam melakukan tindak pidana, dampak dari perbuatan terdakwa, dan kondisi diri terdakwa. Dalam menjatuhkan sanksi pidana dalam kasus tindak pidana pelaku usaha pelaku usaha memperdagangkan barang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan seharusnya hakim lebih memerhatikan dan mempertimbangkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku dengan mempertimbangkan kerugian masyarakat. Pada Putusan Nomor 429/Pid.Sus/2019/PN Pdg, jelas kerugian yang diakibatkan pelaku bukanlah berupa materi yang dapat digantikan, akan tetapi kerugian yang tidak dapat digantikan, karena yang dirugikan berupa kepercayaan masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Aria Zurnetti, S.H.,M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 13 Nov 2020 04:32
Last Modified: 13 Nov 2020 04:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/64481

Actions (login required)

View Item View Item