ANALISIS YURIDIS TINDAK PIDANA PENCURIAN DENGAN KEKERASAN YANG MENYEBABKAN KEMATIAN (Studi Kasus Putusan Nomor 70/Pid.B/2019/PN Pmn)

Abdul, Shiddiq Salim (2020) ANALISIS YURIDIS TINDAK PIDANA PENCURIAN DENGAN KEKERASAN YANG MENYEBABKAN KEMATIAN (Studi Kasus Putusan Nomor 70/Pid.B/2019/PN Pmn). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Surat dakwaan menempati posisi sentral dalam pemeriksaan perkara di Pengadilan dan merupakan dasar sekaligus membatasi ruang lingkup pemeriksaan. Menyadari betapa pentingnya peranan surat dakwaan, maka Jaksa Penuntut Umum diminta mampu menyusun surat dakwaan secara profesional, efektif, dan efisien guna mengoptimalkan tugas penuntutan. Kesamaan unsur Pasal 365 ayat (3) KUHP tentang delik pencurian dengan kekerasan dengan Pasal 338 KUHP tentang pembunuhan yang didahului, disertai, atau diikuti oleh suatu delik. Kesalahan Jaksa Penuntut Umum dalam merumuskan bentuk surat dakwaan dan unsur pasal dapat menghambat ruang lingkup pemeriksaan Hakim di Pengadilan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : 1. Bagaimanakah pertimbangan Jaksa Penuntut Umum dalam membuat surat dakwaan terhadap terdakwa kasus pidana? 2. Bagaimanakah pertimbangan Hakim dalam memutus dan menjatuhkan sanksi pidana terhadap terdakwa dalam Putusan No. 70/Pid.B/2019 PN Pmn? Metode penelitian yang digunakan adalah metode Kualitatif Normatif. Data yang digunakan adalah data primer yang berasal dari wawancara dan data sekunder yang berasal dari literatur. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dengan Jaksa dari Kejaksaan Negeri Padang dan studi dokumen atau studi kepustakaan (library research). Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil : Dalam surat dakwaan Putusan No. 70 Pid.B/2019/PN Pmn Jaksa Penuntut Umum kurang tepat dalam pemilihan alternatif Pasal yang didakwakan terhadap terdakwa karena kurang maksimal pada tahap pra penuntutan sehingga membatasi ruang lingkup pemeriksaan Hakim pada tahap pembuktian. Kata kunci: Surat Dakwaan, Jaksa Penuntut Umum, Pertimbangan Hakim.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Aria Zurnetti, S.H.,M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 13 Nov 2020 04:30
Last Modified: 13 Nov 2020 04:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/64474

Actions (login required)

View Item View Item