STRATEGI DINAS PERHUBUNGAN, KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA PROVINSI BENGKULU DALAM MEMBANGUN MEDIA RELATIONS

Yetti, Herawati (2016) STRATEGI DINAS PERHUBUNGAN, KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA PROVINSI BENGKULU DALAM MEMBANGUN MEDIA RELATIONS. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Tesis Full Text)
201409151425th_tesis yetty herawati.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (478kB)

Abstract

Dewasa ini, divisi Humas dianggap sebagai suatu kebutuhan yang mesti ada dalam sebuah perusahaan/organisasi guna membangun hubungan dengan masyarakat dan para pemangku kepentingan (slakeholder). Pemerintah Provinsi Bengkulu menyadari bahwa menjamurnya berbagai media massa dan derasnya arus informasi yang menerpa masyarakat belum merupakan jaminan akan pencerahan kepada masyarakat. Oleh karena itu, Humas bagi Pemerintah Provinsi Bengkulu menjadi sangat penting dan strategis, terutama dikaitkan dengan pemenuhan kebutuhan masyarakat akan informasi pembangunan dan juga untuk pembentukan citra pemerintah Provinsi Bengkulu. Salah satu strategi Dishubkominfo dalam menjalin hubungan yang baik dengan media yang dikenal dalam istilah kehumasan. Media Relations merupakan salah satu program Dishubkominfo untuk membangun hubungan dan komunikasi dengan publik. Peranan media sangat berpengaruh dalam pembentukan citra Pemerintahan Provinsi Bengkulu yang baik di mata masyarakat, karena produk dari media berupa berita dikonsumsi langsung oleh masyarakat. Dalam melakukan Media Relations, Pemerintah Provinsi Bengkulu melakukannya melalui strategi Media Relations yaitu : Menjalin strategi, mengembangkan strategi dan mengembangkan jaringan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan data didapat dari hasil wawancara dengan teknik observasi partisipasi dari Pemerintah Provinsi Bengkulu. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan di lapangan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Pemerintahan Provinsi Bengkulu dalam mengelola relasi dengan media massa, melakukannya dengan memberikan informasi, membangun hubungan informal dengan wartawan, mengembangkan strategi dengan cara menggunakan berbagai macam media yaitu media cetak, media elektronik, dan internet. Selain itu juga selalu membangun dan memelihara kontak dengan media dengan cara melakukan pertemuan dengan media. Kata kunci : Strategi, Media Relations, Hubungan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > J General legislative and executive papers
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: Mr Beni Adriyassin
Date Deposited: 30 Apr 2016 08:40
Last Modified: 30 Apr 2016 08:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/6437

Actions (login required)

View Item View Item