PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENGADAAN BARANG MENGGUNAKAN BUSINESS INTELLIGENCE (Studi Kasus: Rumah Sakit Pendidikan Universitas Andalas)

FAJAR, RAMADHAN (2020) PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENGADAAN BARANG MENGGUNAKAN BUSINESS INTELLIGENCE (Studi Kasus: Rumah Sakit Pendidikan Universitas Andalas). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (COVER & ABSTRAK)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (50kB)
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI)
BAB VI Penutup.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Tugas Akhir full text (4).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Teknologi semakin berkembang dari waktu ke waktu. Pada saat ini persaingan bisnis semakin meningkat sehingga perusahaan dituntut untuk dapat berinovasi, salah satunya dengan menerapkan teknologi informasi. Perusahaan yang bergerak pada bidang jasa pun tidak terlepas dari kebutuhan untuk menggunakan teknologi informasi. Rumah Sakit Unand merupakan Rumah Sakit Perguruan Tinggi Negeri (RSPTN) yang berada dibawah pengelolaan Universitas Andalas. Rumah Sakit Unand (RS Unand) telah menerapkan SIMRS dalam penyimpanan data. Namun penggunaan SIMRS dirasa masih belum maksimal. Pada bagian logistik RS Unand, pengolahan data masih menggunakan aplikasi Ms. Excel. Untuk mengolah data pihak logistik harus menginput kembali data barang habis pakai non-medis. Penginputan ulang data memungkinkan terjadinya kesalahan input akibat human eror atau kelelahan. Data yang telah tersimpan di dalam database seharusnya dapat dimanfaatkan dan diolah oleh sistem, sehingga tidak perlu diolah oleh karyawan. Pengolahan data diperlukan untuk menghasilkan informasi, sehingga dapat membantu manajer dalam mengambil keputusan. Informasi harus tersedia secara cepat dan akurat agar tidak terjadinya keterlambatan dan kesalahan dalam pengambilan keputusan. Perancangan business intelligence mampu meringkas pekerjaan yang seharusnya dikerjakan oleh manusia, digantikan langsung oleh sistem. Business intelligence mampu menampilkan informasi secara real time yang telah melalui proses analisis oleh sistem terlebih dahulu. Informasi yang ditampilkan berupa visualisasi dari data yang telah dianalisis sehingga akan memudahkan pihak manajemen dalam menyerap informasi yang diberikan. Penggunaan business intelligence dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam pengambilan keputusan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang business intelligence barang habis pakai non-medis Rumah Sakit Universitas Andalas dengan menggunakan metode business intelligence roadmap. Perancangan dimulai dengan menganilisis peluang informasi berdasarkan data yang tersedia. Kemudian dilanjutkan dengan perancangan data warehouse dan menghasilkan tiga tabel dimensi dan dua tabel fakta. Data warehouse digunakan sebagai wadah data yang akan diolah. Setelah itu data diolah dan divisualisasikan dalam bentuk grafik dan tabel menggunakan aplikasi Ms. Power BI. Dengan menerapkan business intelligence ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam menarik sebuah informasi dari data yang telah ada. Business intelligence juga diharapkan dapat memudahkan pihak manajemen rumah sakit dalam mendapatkan informasi serta mengambil tindakan terhadap informasi yang diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Insannul Kamil, Ph.D, IPM, ASEAN.Eng
Uncontrolled Keywords: Business Intelligence, Data Warehouse, Informasi, Visualisasi
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 12 Nov 2020 04:18
Last Modified: 12 Nov 2020 04:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/64280

Actions (login required)

View Item View Item