PERBEDAAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG HIV/AIDS MELALUI MEDIA TIKTOK DAN WHATSAPP PADA SISWA SMA N 3 PADANG TAHUN 2020

Hayatul, Kholifah Putri (2020) PERBEDAAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG HIV/AIDS MELALUI MEDIA TIKTOK DAN WHATSAPP PADA SISWA SMA N 3 PADANG TAHUN 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 6)
Bab 6.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Seminar Hasil 11.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Tujuan Kasus HIV di Padang mengalami peningkatan dari tahun 2017 ke tahun 2019. Penderita HIV banyak terinfeksi pada usia remaja. Oleh karena itu, perlu diberikan pengetahuan tentang HIV/AIDS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengetahuan dan sikap tentang HIV/AIDS melalui media tiktok dan whatsapp pada siswa SMA N 3 Padang tahun 2020. Metode Penelitian ini menggunakan studi quasi eksperimen. Penelitian dilakukan di SMA N 3 Padang pada bulan Januari – Juni 2020. Sampel berjumlah 39 orang pada kelompok tiktok, 39 orang pada kelompok whatsapp dan 39 orang pada kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian yaitu kuisioner. Analisis data menggunakan uji paired t – test, uji independent t – test dan uji gain score. Hasil Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelompok tiktok dan whatsapp mengalami peningkatan pengetahuan dan sikap tentang HIV/AIDS, dengan nilai p – value 0,000 pada kelompok tiktok dan kelompok whatsapp. Tidak terdapat perbedaan pengetahuan dan sikap yang signifikan antara kelompok tiktok dengan kelompok whatsapp sebelum dan sesudah dilakukan promosi kesehatan, dengan nilai p – value posttest pengetahuan dan sikap pada kelompok tiktok dan whatsapp adalah 0,000. Uji gain score pengetahuan melalui media tiktok dan whatsapp memiliki efektifitas yang tinggi dengan score media tiktok 0,737 dan 0,710 pada kelompok whatsapp. Pada uji gain score sikap melalui media tiktok dan whatsapp sama – sama memiliki efektifitas yang sedang. Pada kelompok tiktok memiliki nilai uji gain score pada sikap adalah 0,659 dan pada kelompok whatsapp adalah 0,576. Kesimpulan Promosi kesehatan menggunakan media tiktok dan whatsapp dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap siswa tentang HIV/AIDS. Penggunaan media ini dapat menjadi pilihan bagi pihak sekolah dalam memberikan informasi tentang kesehatan, khusunya tentang HIV/AIDS. Daftar Pustaka : 48 (2009 – 2019)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Yessy Markolinda, S.Si, M.repro
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Human Immunodeficiency Virus (HIV), Acquired Immune Deficiency Syndrom (AIDS), Remaja, Tiktok, Whatsapp
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 09 Nov 2020 07:16
Last Modified: 09 Nov 2020 07:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/64217

Actions (login required)

View Item View Item