Identifikasi Pencemaran Air Sungai Batanghari Di Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya Berdasarkan Tinjauan Fisik dan Kimia

Rani, Dwi (2020) Identifikasi Pencemaran Air Sungai Batanghari Di Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya Berdasarkan Tinjauan Fisik dan Kimia. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
2. BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
3. BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Utuh)
5. Tugas Akhir utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Telah dilakukan identifikasi pencemaran air Sungai Batanghari di Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya berdasarkan parameter fisik dan kimia. Pengambilan sampel dilakukan sebanyak enam titik di sepanjang aliran sungai segmen Sitiung. Identifikasi pencemaran dilakukan berdasarkan parameter pH, temperatur, konduktivitas listrik, TDS, dan kandungan logam berat (Hg dan Pb). Semua parameter diukur langsung di lapangan, kecuali kandungan logam berat. Pengukuran kandungan logam berat Hg dan Pb dilakukan menggunakan Atomic Absorbtion Spectroscopy. Analisis tingkat pencemaran menggunakan metode Indeks Pencemaran air (IP). Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata pH total air sungai segmen Sitiung adalah 8,73 dan telah melebihi ambang batas baku mutu. Secara keseluruhan temperatur air di sungai Batanghari pada segmen ini tidak melebihi ambang batas baku mutu. Nilai konduktivitas listrik sampel air berkisar antara 34,3 dan 62,7 μS/cm dengan rata-rata total yaitu 56,63 μS/cm. Nilai TDS rata-rata adalah 29,7 ppm yang termasuk ke golongan fresh water. Nilai tertinggi kandungan Pb dalam sampel adalah 0,0034 mg/l dan Hg sebesar 0,0024 mg/l yang telah berada di atas nilai ambang batas baku mutu sebesar 0,001 mg/l. Berdasarkan nilai Indeks Pencemaran air (IP), DAS Batanghari di Sitiung dikategorikan tercemar ringan dengan nilai IP rata-rata sebesar 1,193. Kata kunci: Sungai Batanghari, pH, temperatur, konduktivitas listrik, TDS, kandungan logam berat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Afdal, M.Si
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: s1 fisika fisika
Date Deposited: 09 Nov 2020 04:59
Last Modified: 09 Nov 2020 04:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/64199

Actions (login required)

View Item View Item