Pengaruh Pemberian Ransum Berserat Kasar Tinggi dan Ransum Pemulihan Terhadap LAju Pertumbuhan, karkas, Lemak Abdomen Ayam KUB (Kampung Unggul Balitnak)

Ahmad, Azki (2020) Pengaruh Pemberian Ransum Berserat Kasar Tinggi dan Ransum Pemulihan Terhadap LAju Pertumbuhan, karkas, Lemak Abdomen Ayam KUB (Kampung Unggul Balitnak). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V. Kesimpulan dan Saran)
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full text)
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ransum berserat kasar tinggi dan ransum pemulihan terhadap laju pertumbuhan, karkas, dan lemak abdomen ayam KUB (kampung unggul balitnak). Penelitian ini menggunakan 120 ekor ayam KUB umur dua minggu yang ditempatkan pada kandang berukuran (75cm x 60cm x 50cm) sebanyak 20 box, masing-masing box berisikan 6 ekor ayam KUB. Perlakuan pemberian ransum serat kasar 9% dan 12% dimulai dari awal minggu ke-3 sampai minggu ke-4 (selama 2 minggu), perlakuan pemberian ransum starter dan finisher pada masa pemulihan dimulai pada awal minggu ke-5 sampai akhir minggu ke-10 (selama 6 minggu), Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 4 pengulanga. Perlakuan yang diberikan pada penelitian ini adalah pemberian serat kasar tinggi (9% dan 12%) dan pemberian ransum pemulihan (starter dan finisher) P0 (ransum kontrol), P1 (ransum serat kasar SK 9% dan ransum starter), P2 (ransum SK 9% dan ransum finisher), P3 (ransum SK 12% dan ransum starter), P4 (ransum 12% dan ransum finisher). Variabel yang diamati adalah laju pertumbuhan, karkas, dan lemak abdomen. Berdasarkan penelitian ini diperoleh bahwa pemberian ransum dengan serat kasar 9% dan 12% memberikan pengaruh yang sangat nyata (P<0,01) terhadap laju pertumbuhan, karkas, dan lemak abdomen. Selama pemberian ransum pemulihan diperoleh bahwa terdapat pengaruhan sangat nyata (P<0,01) terhadap laju pertumbuhan dan berpengaruh nyata terhadap lemak abdomen namun tidak memperlihatkan pengaruh nyata (P>0,05) terhadap karkas. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemberian serat kasar 9% dan 12% yang diikuti ransum pemulihan dapat menghasilkan pertumbuhan kompensasi. Pemberian serat kasar 12% yang diikuti ransum pemulihan dapat digunakan untuk ayam KUB memberikan hasil laju pertumbuhan mencapai 0,41, bobot karkas 615,50gr dan persentase karkas 70,59%, bobot lemak abdomen 7,30gr dan persentase lemak abdomen 0,84%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Husmaini, MP
Uncontrolled Keywords: Serat kasar, ransum pemulihan, ayam KUB, laju pertumbuhan karkas, lemak abdomen
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 06 Nov 2020 02:53
Last Modified: 06 Nov 2020 02:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/64080

Actions (login required)

View Item View Item