IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN PEMILIH DI KPU KOTA SIBOLGA PADA PEMILIHAN GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR SUMATERA UTARA TAHUN 2018

Richardo, F. Butarbutar (2020) IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN PEMILIH DI KPU KOTA SIBOLGA PADA PEMILIHAN GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR SUMATERA UTARA TAHUN 2018. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
File 1.pdf - Published Version

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan dan Saran)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (412kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
File 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Program pendidikan pemilih telah dilaksanakan KPU setidaknya sejak Tahun 2015 dan terus dikembangkan hingga saat ini. Berbeda dengan sosialisasi yang bertujuan meningkatkan kuantitas partisipasi masyarakat dalam pemilihan, pendidikan pemilih bertujuan untuk meningkatkan kualitas pemilihan, partisipasi masyarakat dalam pemilihan sesuai dengan nilai-nilai demokrasi, memberikan kesadaran kepada pemilih agar menjadi pemilih yang rasional, cerdas, dan mandiri, serta tidak terdapat politik uang, mobilisasi massa, politik identitas, berita palsu (hoax), dan hal-hal lain yang melawan demokrasi. Outcome dari program ini hingga Tahun 2018 belum menunjukkan gejala perbaikan ditengah-tengah kehidupan politik bangsa Indonesia. Jika melihat fenomena yang terjadi sampai dengan Tahun 2018, peningkatan terhadap upaya-upaya yang bertentangan dengan demokrasi mengalami kenaikan yang sangat signifikan dan menjadi isu yang mengancam perpecahan bangsa. Fenomena ini terjadi hampir di seluruh wilayah Indonesia bahkan di kota Sibolga sendiri, isu identitas dan politik uang menjadi satu faktor yang membuat masyarakat terbagi-bagi pada saat Pemilihan Gubernur Sumatera Utara Tahun 2018. Penelitian ini ingin melihat apa yang menjadi penghambat progres pencapaian tujuan program pendidikan pemilih dengan kota Sibolga menjadi gambaran bagaimana pelaksanaan pendidikan pemilih dan melihat apakah program tersebut di implementasi, bagaimana implementasinya, dan apa yang menjadi hambatan serta tantangan dalam proses implementasinya pada masa tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Tahun 2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Data dikumpulkan dengan metode wawancara dan pengumpulan dokumen terkait pelaksanaan pendidikan pemilih di KPU Kota Sibolga pada tahapan penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2018 di Kota Sibolga. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori implementasi kebijakan Edward III (1980) yang menjelaskan keberhasilan implementasi program melalui faktor komunikasi, sumberdaya, disposisi, dan struktur birokrasi. Kata kunci : Pendidikan pemilih, implementasi kebijakan, KPU Kota Sibolga, kesadaran pemilih, kualitas pemilihan.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. JENDRIUS, M.Si
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 ilmu komunikasi
Date Deposited: 06 Nov 2020 02:28
Last Modified: 06 Nov 2020 02:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/64041

Actions (login required)

View Item View Item