ASUHAN KEPERAWATAN KOMUNITAS PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN PENERAPAN MEDIA WHATSAPP DALAM UPAYA PENCEGAHAN DAN PENGURANGAN PERILAKU MEROKOK PADA REMAJA DI SMP ISLAM DARUL QUR’AN PADANG TAHUN 2020

Mirza, Rullia Putri (2020) ASUHAN KEPERAWATAN KOMUNITAS PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN PENERAPAN MEDIA WHATSAPP DALAM UPAYA PENCEGAHAN DAN PENGURANGAN PERILAKU MEROKOK PADA REMAJA DI SMP ISLAM DARUL QUR’AN PADANG TAHUN 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak mirza.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1 pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab v penutup)
BAB V SIMPULAN DAN SARAN .pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[img] Text (karya ilmiah akhir full text)
KIA MIRZA RULLIA PUTRI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perilaku remaja dengan masalah kesehatan yang beresiko, dimana permasalahan kesehatan utama pada remaja salah satunya masalah merokok. Salah satu upaya pencegahan perilaku merokok ini dengan memberikan pendidikan kesehatan. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah penerapan media whatsapp sebagai media pendidikan kesehatan. Tujuan dilakukan asuhan keperawatan komunitas ini adalah menggambarkan pelaksanaan asuhan keperawatan yang komprehensif terhadap siswa SMPI Darul Qur’an Padang dalam upaya pencegahan perilaku merokok melalui penerapan media whatsapp. Pemberian asuhan keperawatan dilaksanakan mulai tanggal 14 September – 3 Oktober 2020. Dan pengambilan data melalui observasi,wawancara dan kuesioner pre-test,post-test. Siswa yang diberikan intervensi ini merupakan siswa kelas IX yang memiliki handphone dan aplikasi whatsapp. Siswa yang berpatisipasi berjumlah 15 orang. Hasil setelah dilakukannya intervensi terdapat peningkatan pengetahuan dan sikap yang dibuktikan dengan hasil kuesioner post-test bahwa 86,7 % siswa memiliki pengetahuan baik dan 86,7% siswa memiliki sikap yang baik. Diharapkan kepada sekolah untuk dapat meningkatkan pengawasan kepada siswa yang merokok dalam upaya penguranagan dan pencegahan perilaku merokok pada remaja di SMPI Darul Qur’an Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ns. Rika Sabri, M.Kep, Sp.Kep.Kom
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Remaja, Perilaku merokok, Whatsapp
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 04 Nov 2020 08:51
Last Modified: 04 Nov 2020 08:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/64010

Actions (login required)

View Item View Item