Studi Vegetasi Dasar dan Pola Penyebaran Spasial Tumbuhan Asing Invasif Clidemia hirta (L.) D. Don di Hutan Sigaluik Desa Wisata Rantih Sawahlunto, Sumatera Barat

Augustine, Hanidya Rahmi (2020) Studi Vegetasi Dasar dan Pola Penyebaran Spasial Tumbuhan Asing Invasif Clidemia hirta (L.) D. Don di Hutan Sigaluik Desa Wisata Rantih Sawahlunto, Sumatera Barat. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (436kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Tugas Akhir.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian tentang Studi Vegetasi Dasar dan Penyebaran Spasial Tumbuhan Asing Invasif Clidemia hirta di Hutan Sigaluik Desa Wisata Rantih Sawahlunto, Sumatera Barat telah dilaksanakan pada bulan Februari sampai April 2020. Penelitian ini menggunakan metode Belt transek dengan lebar 2 meter sepanjang 250 meter. Disepanjang transek dibuat plot berukuran 2x2 meter sebanyak 125 plot. Identifikasi tumbuhan tingkat vegetasi dasar dilakukan secara langsung dilapangan dan untuk jenis yang tidak diketahui dilakukan identifikasi di Herbarium Universitas Andalas. Pengamatan yang dilakukan terhadap Clidemia hirta adalah dengan menghitung jumlah individu dan mengukur intensitas cahaya pada setiap plot. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan 18 spesies dengan 15 famili tumbuhan vegetasi dasar. Famili yang tergolong dominan pada vegetasi dasar adalah Poaceae dengan nilai 21,29%. Indeks nilai penting tertinggi ditemukan pada jenis Clidemia hirta yaitu 37,152%. Indeks keanekaragaman tumbuhan tingkat vegetasi dasar secara keseluruhan tergolong sedang yaitu 2,284. Untuk pengamatan penyebaran Clidemia hirta didapatkan hasil yang menunjukkan bahwa pola penyebaran Clidemia hirta adalah mengelompok dengan Indeks Morisita sebesar 1,617. Kata kunci: Analisis vegetasi, komposisi dan struktur, tumbuhan asing invasif, Clidemia hirta.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Zuhri Syam, M.P
Subjects: Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 02 Nov 2020 04:10
Last Modified: 02 Nov 2020 04:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/63925

Actions (login required)

View Item View Item