Uji Aktivitas Antibakteri Kombinasi Infusa Kelopak Bunga Rosela (Hibiscus sabdariffa L.) dengan Antibiotik Beta Laktam terhadap Bakteri Pseudomonas aeruginosa Resisten Antibiotik Beta Laktam

Siregar, Yohane Novelia (2020) Uji Aktivitas Antibakteri Kombinasi Infusa Kelopak Bunga Rosela (Hibiscus sabdariffa L.) dengan Antibiotik Beta Laktam terhadap Bakteri Pseudomonas aeruginosa Resisten Antibiotik Beta Laktam. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Kesimpulan dan Saran)
Bab 5 Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img] Text (Skripsi (Full Text))
Skripsi_Yohane Novelia Siregar.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Peningkatan prevalensi penyakit infeksi dan ketidakefektifan agen antibakteri yang salah satunya disebabkan oleh bakteri Pseudomonas aeruginosa terus terjadi. Banyak cara telah dilakukan untuk menangani resistensi antibotik diantaranya adalah penggunaan kombinasi obat herbal dengan antibiotik. Pemanfaatan ekstrak kelopak bunga Hibiscus sabdariffa L. secara tunggal terbukti sebagai antibakteri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kombinasi infusa kelopak bunga Rosela (H. sabdariffa L.) dengan antibiotik beta laktam dapat menghambat pertumbuhan P. aeruginosa yang sudah resisten terhadap antibiotik beta laktam. Pengujian aktivitas antibakteri dilakukan dengan menggunakan metode mikrodilusi. Kekeruhan tiap sampel diukur dengan melihat nilai absorbansi sampel. Absorbansi diukur pada panjang gelombang 600 nm menggunakan microplate reader dan dibandingkan terhadap amikasin sulfat dengan konsentrasi 16 µg/mL sebagai kontrol positif dan suspensi bakteri dalam media CAMHB digunakan sebagai kontrol negatif. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji ANOVA satu arah dan dilanjutkan dengan uji Duncan. Hasil analisis data absorbansi tiap sampel berbeda secara nyata (Sig.<0,05). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kombinasi infusa kelopak bunga Rosela (H. sabdariffa L.) dengan sefazolin, seftazidim, dan ampisilin tidak dapat menghambat pertumbuhan P. aeruginosa resisten terhadap antibiotik beta laktam.Namun kombinasi infusa kelopak bunga Rosela (H.sabdariffa L.) dengan meropenem konsentrasi 2500 µg/mL dan 4 µg/mL menunjukkan aktivitas antibakteri terhadap bakteri P. aeruginosa resisten terhadap meropenem dalam kategori intermediet.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. apt. Rustini, M.Si
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 13 Nov 2020 03:37
Last Modified: 13 Nov 2020 03:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/63899

Actions (login required)

View Item View Item