Pemodelan Kenaikan Muka Air Banjir pada Pertemuan Sungai Batang Suliti ke Batang Bangko di Kecamatan Sungai Pagu Kota Muaro Labuh, Kabupaten Solok Selatan Menggunakan HEC-RAS 4.0

Febriza, . (2020) Pemodelan Kenaikan Muka Air Banjir pada Pertemuan Sungai Batang Suliti ke Batang Bangko di Kecamatan Sungai Pagu Kota Muaro Labuh, Kabupaten Solok Selatan Menggunakan HEC-RAS 4.0. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img] Text (Thesis Full Text)
THESIS FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Banjir merupakan salah satu bencana alam yang sring terjadi di Indonesia khususnya, yang mengakibatkan kerugian yang sagat besar baik dari segi materi maupun sosial. Sumatera barat merupakan salah satu Provinsi yang sering terdampak banjir. Salah satunya di Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten ini juga berada pada jajaran Pegunungan Bukit Barisan yang termasuk dalam daerah Patahan Semangka. Di Kabupaten ini ada pertemuan 2 buah Das yang sering terkena banjir yaitu Das Batang Suliti dan Das Batang Bangko. Kecamatan Sungai Pagu adalah kecamatan yang wilayahnya merupakan pertemuan Batang Suliti dan Batang Bangko, yang sering terjadi banjir salah satu kejadiannya tanggal 8 Februari 2016 terjadi dengan durasi ± 17 Jam dan menyebabkan terjadi genangan dengan ketinggian berkisar 0,5 m sampai 3 m tersebar di Kecamatan Sungai Pagu, dengan luas genanganmencapai ±11.9 km2. Untuk itu perlu diketahui seberapa sanggupnya penampang sungai menampung debit limpasan yang tejadi dengan mengunakan Sofware Hec-Ras 4.0. Dari hasil pengolahan data Q 10,Q 25 banjir Batang Suliti sebesar 308,48 m3/s, 332,42 m3/s dan Batang Bangko sebesar 297,59 m3/s , 336,43 m3/s. Berdasarkan hasil simulasi skenario eksisting limpasan yang terjadi mulai pada debit banjir kala ulang 25 tahun (Q25) Kenaikan muka terjadi 2,714 m pada ST.23 dan 3,089 m pada ST.1 terhadap Bank Station. Hampir semua cross section (RS) Sungai Batang Suliti melimpas kecuali pada ST.13, ST.14 dan ST.15 pada sisi tebing kiri tidak melimpas dan Sungai Batang Bangko kenaikan muka air banjir terjadi di semua cross section (RS). Untuk menahan luapan yang terjadi maka di berikan alternatif penanganan pembuatan tanggul di penampang yang melimpas.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Junaidi, Dr.Eng
Uncontrolled Keywords: Batang Bangko, Batang Suliti, Banjir, Hec-Ras
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana (Disertasi)
Depositing User: s2 teknik sipil
Date Deposited: 05 Nov 2020 03:30
Last Modified: 05 Nov 2020 03:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/63711

Actions (login required)

View Item View Item