ANALISIS KESELAMATAN KONSTRUKSI UNTUK PEKERJAAN TANAH PADA PROYEK JALAN TOL BERBASIS HIRADC (HAZARD IDENTIFICATION RISK ASSESSMENT DETERMINING CONTROL)

Suci, Sukrina (2020) ANALISIS KESELAMATAN KONSTRUKSI UNTUK PEKERJAAN TANAH PADA PROYEK JALAN TOL BERBASIS HIRADC (HAZARD IDENTIFICATION RISK ASSESSMENT DETERMINING CONTROL). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
01.Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
02.Bab 1.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir Penutup dan Kesimpulan)
03.Bab Akhir (Penutup dan Kesimpulan).pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
04.Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (28kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
05.Tugas Akhir-Suci Sukrina-1610921070.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pembangunan proyek konstruksi tidak luput dari kecelakaan konstruksi, yang mana dapat terjadi akibat perencanaan konstruksi yang tidak tepat dan hanya berfokus pada Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umun dan Perumahan Rakyat No.21 tahun 2019 tentang Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi (SMK2), maka dibuatlah perencanaan Keselamatan Konstruksi (K2) dengan objek penelitian pada pembangunan jalantol Padang-Pekanbaru yang merupakan salah satu ruas jalantol Trans Sumatera yang menghubungkan Sumatera Barat dengan Riau yang mana dengan adanya jalantol antar kota ini lebih mempersingkat waktu tempuh dan mengurangi kemacetan. Pembangunan jalantol yang melewati deretan tebing curam tentunya rentan akan kecelakaan konstruksi maka dari itu dibutuhkan perencanaan keselamatan konstruksi yang matang, sehingga perlu dilakukan identifikasi bahaya pada setiap pekerjaan, penilaian risiko dengan penyebaran kuisioner dan mengacu pada Peraturan Menteri Pekerjaan Umun dan Perumahan Rakyat No.21 tahun 2019 dan SNI 8615:2018 ISO 31000:2018, beserta pengendalian risiko agar meminimalisir bahaya yang ditimbulkan baik terhadap pekerja, masyarakat, peralatan maupun lingkungan pada setiap tahapan konstruksi dengan jenis pekerjaan yang diteliti yaitu pekerjaan galian, timbunan, pekerjaan mobilisasi serta pekerjaan stake out dan clearing dengan 52 potensi bahaya didalamnya. Perencanaan Keselamatan Konstruksi ini menggunakan pendekatan HIRADCC (Hazard Identification Risk Assessment Determining Control) dengan perbandingan perhitungan kategori risiko terhadap people, public, properties, environment , perhitungan terhadap masing-masing jabtan responden dan perhitungan dengan menggunakan metofe fuzzy logic dan tanpa fuzzy logic didapat beberapa perbedaan kategori risiko yang cukup signifikan. Kemudian dari risiko yang ada dapat dilakukan pengendalian risiko dengan penggunaan pendekatan input, proses output dari alat terhadap engineering system, procedural system dan human intervention.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. AKHMAD SURAJI , M.T., Ph.D.,IPM
Uncontrolled Keywords: Hazard Identificstion, Risk Assessment, Kecelakaan Konstruksi.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 29 Sep 2020 08:22
Last Modified: 29 Sep 2020 08:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/63538

Actions (login required)

View Item View Item