STUDI PERBANDINGAN KINERJA STRUKTUR BAJA YANG DIDESAIN BERDASARKAN RESPON SPEKTRUM SNI 03-1726-2002 DAN SNI 1726-2012

DENA, MUTIA (2015) STUDI PERBANDINGAN KINERJA STRUKTUR BAJA YANG DIDESAIN BERDASARKAN RESPON SPEKTRUM SNI 03-1726-2002 DAN SNI 1726-2012. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (skripsi full text)
201501262047th_dena mutia 1010923077.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text (skripsi full text)
201501262047th_dena mutia 1010923077.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Indonesia merupakan wilayah rawan bencana alam, seperti gempa. Gempa di kota Padang pada bulan September 2009 salah satunya. Salah satu dampak gempa pada bangunan bertingkat ialah mengakibatkan perpindahan pada struktur. Pemerintah melalui Badan Standarisasi Nasional Indonesia (BSNI) membuat suatu standar dalam perencanaan bangunan yang aman terhadap gempa yang tercantum pada SNI 03- 1726-2002 tentang Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Bangunan Gedung dan diperbaharui menjadi peraturan gempa terbaru yaitu SNI 1726-2012 Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Struktur Bangunan Gedung dan Non Gedung. Terdapat perbedaan dari kedua peraturan tersebut, salah satunya ialah penentuan respon spectrum gempa. Perbedaan kedua peraturan tersebut mengakibatkan perubahan yang terjadi terhadap perilaku dan kinerja pada struktur bangunan. Melalui tugas akhir saya ini, dilakukan perbandingan kinerja struktur antara SNI 03-1726-2002 dengan SNI 1726-2012 pada struktur baja di kota Padang dengan kondisi tanah lunak menggunakan analisis pushover. Beban gempa berupa respon spectrum kota Padang berdasarkan SNI 03-1726-2002 lebih kecil dibandingkan dengan SNI 1726-2012. Dari analisis pushover tersebut dihasilkan kurva perpindahan atap (displacement) versus gaya gesed dasar (baseforce). Berdasarkan analisis yang dilakukan, diperoleh nilai daktilitas aktual perpindahan struktur berdasrkan SNI 03-1726-2002 lebih besar dibandingkan dengan SNI 1726-2012. Persentase penurunan perpindahan berkisar antara 0-12% untuk gempa arah X dan 0-12% untuk gempa arah Y

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TF Railroad engineering and operation
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: Mr Zainal Abidin
Date Deposited: 30 Apr 2016 07:42
Last Modified: 30 Apr 2016 07:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/6346

Actions (login required)

View Item View Item