ANALISIS PENERAPAN SISTEM TANGGAP DARURAT KEBAKARAN DI RSUD Prof. DR. H.M. CHATIB QUAZWAIN KABUPATEN SAROLANGUN JAMBI TAHUN 2020

Nahdiati, Marwi (2020) ANALISIS PENERAPAN SISTEM TANGGAP DARURAT KEBAKARAN DI RSUD Prof. DR. H.M. CHATIB QUAZWAIN KABUPATEN SAROLANGUN JAMBI TAHUN 2020. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
1. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
2. PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6)
3. KESIMPULAN - SARAN.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI)
5. FULL PAPER.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan Penelitian Pada tahun 2018, RSUD Prof. DR. H. M. Chatib Quzwain pernah mengalami hubungan arus pendek yang menimbulkan kebakaran berupa percikan api yang berakibat terganggunya operasional rumah sakit dan mengancam keselamatan pasien.Tujuan penelitian ini adalah menganalisis penerapan sistem tanggap darurat kebakaran di RSUD Prof. DR. H. M. Chatib Quzwain Kabupaten Sarolangun Jambi Tahun 2020. Metode Penelitian ini penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, pada bulan November 2019 s/d Juli 2020. Informan terdiri dari 12 orang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, telaah dokumen, observasi dan FGD. Analisis data menggunakan metode content analysis dengan triagulasi sumber dan metode. Hasil Penerapan proteksi kebakaran: RSUD sudah memiliki prosedur tanggap darurat, organisasi tanggap darurat dan sumber daya manusia, sistem proteksi kebakaran aktif: RSUD Prof. DR. H. M. Chatib Quzwain baru memiliki 23 tabung APAR jenis Powder dan sudah terdapat unit penanggulangan kebakaran, pelaksanaan APAR belum ada ketentuan, belum ada pengawasan dari pihak luar dan pelatihan tidak dilakukan 2 kali dalam setahun. Proteksi kebakaran pasif: sarana penyelamatan jiwa masih belum sesuai dengan peraturan. Kesimpulan Penerapan sistem tanggap darurat kebakaran telah diterapkan namun pelaksanaannya belum sesuai dengan peraturan. Rekomendasi yang diberikan kepada RSUD yaitu, membuat jadwal khusus secara berkala, penambahan jenis alat sistem proteksi kebakaran dan mengadakan pelatihan minimal 6 bulan sekali.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Nizwardi Azkha, SKM, MPPM, M.Si, M.Pd Fitriyani, SKM, MKKK
Uncontrolled Keywords: Kebakaran, RSUD, Sistem Tanggap Darurat l
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 29 Sep 2020 04:01
Last Modified: 29 Sep 2020 04:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/63434

Actions (login required)

View Item View Item