Unit Cost Pelayanan Kesehatan Gigi Dengan Metode Activity Based Costing Di Klinik Evasha Lubuk Basung Kabupaten Agam Pada Era Jaminan Kesehatan Nasional

Antoni, Varen Nadya (2020) Unit Cost Pelayanan Kesehatan Gigi Dengan Metode Activity Based Costing Di Klinik Evasha Lubuk Basung Kabupaten Agam Pada Era Jaminan Kesehatan Nasional. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[img] Text (Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Penetapan dana kapitasi yang ditetapkan oleh pemerintah untuk dokter gigi di fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) sebesar Rp 2.000 memengaruhi keuangan dokter gigi serta mutu pelayanan, dan diperlukan pengkajian ulang dana kapitasi tersebut. Unit cost menjadi salah satu indikator untuk menetapkan besaran dana kapitasi. Banyak metode yang digunakan untuk menghitung unit cost. Metode activity based costing (ABC) merupakan salah satu metode paling tepat untuk menghitung unit cost. Tujuan: Mengetahui berapa besar unit cost pelayanan kesehatan gigi di klinik Evasha Lubuk Basung Kabupaten Agam pada era Jaminan Kesehatan Nasional. Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode perhitungan activity based costing (ABC). Hasil: Unit cost 7 pelayanan kesehatan gigi yang ditanggung oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan di Klinik Evasha yaitu pelayanan konsultasi sebesar Rp 23.758, pelayanan pencabutan gigi permanen sebesar Rp 76.896, pelayanan pencabutan gigi sulung sebesar Rp 61.220, pelayanan tambalan resin komposit sebesar Rp 111.370, pelayanan tambalan GIC sebesar Rp 81.819, pelayanan premedikasi sebesar Rp 48.232, dan pelayanan pulp capping sebesar Rp 69.268. Kesimpulan: Rata-rata unit cost cost pelayanan kesehatan gigi di klinik Evasha pada tahun 2019 adalah Rp 67.509. Biaya terbesar dalam pelayanan kesehatan gigi yaitu biaya gaji pegawai Kata Kunci: Klinik Pratama, Unit Cost, Activity Based Costing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. drg. Febrian, MKM
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 24 Feb 2023 03:39
Last Modified: 24 Feb 2023 03:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/63365

Actions (login required)

View Item View Item