PENGARUH VARIABEL MAKROEKONOMI DAN HARGA EMAS DUNIA TERHADAP HARGA SAHAM DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) PERIODE 2010-2019

Saudia, Putri Utama (2020) PENGARUH VARIABEL MAKROEKONOMI DAN HARGA EMAS DUNIA TERHADAP HARGA SAHAM DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) PERIODE 2010-2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir (Penutup/Kesimpulan))
BAB Akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (451kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir Utuh (Full Text).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel makroekonomi yaitu: inflasi, kurs, Sertifikat Bank Indonesia Syariah (SBIS), Jumlah uang beredar dalam arti luas (M2) dan harga emas dunia terhadap harga saham Jakarta Islamic Index (JII). Data penelitian yang digunakan adalah data bulanan periode Januari 2010 - Desember 2019. Metode analisis menggunakan Error Correction Model (ECM) dengan bantuan aplikasi Eviews 9 dan Microsoft Excell 2010. Berdasarkan hasil olah data ditemukan hasil bahwa dalam jangka panjang variabel inflasi, kurs, SBIS, dan M2 berpengaruh signifikan terhadap harga saham Jakarta Islamic Index (JII). Pada jangka pendek hanya variabel kurs yang memiliki pengaruh signifikan terhadap harga saham Jakarta Islamic Index (JII) .Variabel lainnya seperti inflasi, SBIS, M2 dan harga emas menunjukkan hasil yang tidak signifikan. Pada jangka panjang hampir semua variabel yaitu inflasi, kurs, SBIS, dan M2 menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap harga saham JII. Namun, variabel harga emas dunia tidak memiliki pengaruh signifikan dalam jangka panjang. Hasil penelitian ini membawa implikasi bahwa investor yang berinvestasi pada saham syariah yaitu Jakarta Islamic Index (JII) memiliki tujuan investasi untuk kegiatan produktif dalam jangka panjang. Tidak hanya melakukan kegitatan spekulatif untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak dalam jangka pendek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. H. Werry Darta Taifur, SE. MA
Uncontrolled Keywords: Variabel Makroekonomi, Harga Emas Dunia, Jakarta Islamic Index (JII), dan Error Correction Model (ECM).
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: s1 ekonomi pembagunan
Date Deposited: 25 Sep 2020 08:18
Last Modified: 25 Sep 2020 08:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/63342

Actions (login required)

View Item View Item