UPAYA WAHANA LINGKUNGAN HIDUP INDONESIA (WALHI) SUMATERA BARAT DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PENYELAMATAN LINGKUNGAN Studi Advokasi Tambang dan Energi di PLTU Ombilin Kota Sawahlunto

Olva, Yosnita (2020) UPAYA WAHANA LINGKUNGAN HIDUP INDONESIA (WALHI) SUMATERA BARAT DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PENYELAMATAN LINGKUNGAN Studi Advokasi Tambang dan Energi di PLTU Ombilin Kota Sawahlunto. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I .pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV Kesimpulan dan Saran)
BAB IV .pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang upaya WALHI Sumatera Barat dalam meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap penyelamatan lingkungan, studi advokasi tambang dan energi di PLTU Ombilin kota Sawahlunto. Penelitian ini difokuskan pada lembaga WALHI Sumatera Barat itu sendiri, sebagai penggerak dalam penyelamatan lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan upaya yang dilakukan oleh WALHI Sumatera Barat dalam meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap penyelamtan lingkungan, faktor pendorong dan penghambat upaya tersebut, serta hasil dari apa yang telah diupayakan. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Informan yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam (tidak berstruktur) dan pengumpulan dokumen. Teori yang digunakan adalah teori deep ecology yang membahas tentang aliran-aliran penyelamatan lingkungan atau pejuang lingkungan hidup dan teori masyarakat risiko (risk society) oleh Anthony Giddens. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya WALHI Sumatera Barat dalam meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap penyelamatan lingkungan khususnya pada kasus advokasi tambang dan energi di PLTU Ombilin kota Sawahlunto, adalah dengan melakukan advokasi, edukasi dan dialog. Adapun faktor yang mendorong dari upaya tersebut adalah, terindikasinya pelanggaran lingkungan, beban sosial yang dirasakan masyarakat, dan peran WALHI Sumatera Barat sebagai lembaga advokasi lingkungan hidup. Faktor penghambat dari upaya tersebut, yaitu, kesulitan akses dokumen, keterlibatan masyarakat secara utuh masih rendah, dan kurangnya sumber daya manusia. Sementara hasil dari upaya yang telah dilakukan adalah adanya perbaikan-perbaikan yang dilakukan oleh pihak PLTU.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs. Wahyu Pramono, Msi.
Uncontrolled Keywords: WALHI Sumatera Barat, advokasi, lingkungan, masyarakat
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 25 Sep 2020 04:11
Last Modified: 25 Sep 2020 04:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/63280

Actions (login required)

View Item View Item