ANALISIS KEJADIAN KECELAKAAN KERJA PADA OPERATOR ALAT BERAT DUMPTRUCK AREA TAMBANG DI PT SEMEN PADANG DENGAN METODE JOB SAFETY ANALYSIS DAN PENDEKATAN FAULT TREE ANALYSIS

Suhelmi, Syahrul (2020) ANALISIS KEJADIAN KECELAKAAN KERJA PADA OPERATOR ALAT BERAT DUMPTRUCK AREA TAMBANG DI PT SEMEN PADANG DENGAN METODE JOB SAFETY ANALYSIS DAN PENDEKATAN FAULT TREE ANALYSIS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover + Abstrak.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
2. Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6)
3. Kesimpulan + Saran.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
an.Suhelmi Syahrul 1711216041 FIX WM.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan Penelitian Kecelakaan kerja dapat disebabkan oleh bahaya dan risiko yang bersumber dari tindakan tidak aman (unsafe action) dan kondisi tidak aman (unsafe condition). Dalam mengoperasikan alat berat terdapat bahaya dan risiko, bisa terjadi kecelakaan kerja apabila dilakukan pengendalian yang kurang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab kecelakaan kerja pada operator alat berat dumptruck area tambang PT. Semen Padang Metode Jenis penelitian ini adalah kualitatif dilakukan dari bulan Februari – Juli 2020 dengan jumlah informan 6 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan telaah dokumen. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode Job Safety Analysis dan pendekatan Fault Tree Analysis. Hasil Hasil identifikasi bahaya didapatkan sumber bahaya dari 3 tahapan pekerjaan pada mengoperasikan dumptruck yaitu awal operasi, saat operasi dan saat operasi selesai. Terdapat 3 jenis bahaya yang memiliki tingkat risiko high (tinggi) pada tahapan saat operasi dan 2 jenis bahaya pada tahapan saat operasi selesai. Kesimpulan Terdapat 3 – 5 sumber bahaya pada setiap tahapan pekerjaan. Penyebab utama kejadian kecelakaan kerja pada operator dumptruck di area tambang yang dianalisis menggunakan pendekatan metode fault tree analysis adalah tindakan tidak aman dari operator saat mengoperasikan dumptruck. Disarankan agar operator behati – hati dalam bekerja dan meningkatkan komunikasi sesama pekerja agar terhindar dari risiko saat bekerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Nizwardi Azkha, MPPM., MPD, M.Si
Uncontrolled Keywords: KECELAKAAN KERJA, JOB SAFETY ANALYSIS, FAULT TREE ANALYSIS
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 28 Sep 2020 06:38
Last Modified: 28 Sep 2020 06:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/63247

Actions (login required)

View Item View Item