Keanekaragaman Hymenoptera Parasitoid Pada Perkebunan Kelapa Sawit (Elais Guineensis Jacq.)yang Berbatasan Dengan Hutan Sekunder

Afrizal, Nofri (2020) Keanekaragaman Hymenoptera Parasitoid Pada Perkebunan Kelapa Sawit (Elais Guineensis Jacq.)yang Berbatasan Dengan Hutan Sekunder. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Abstrak_AFRIZAL[1].pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB_I_PENDAHULUAN_AFRIZAL_N[2].pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB_V_KESIMPULAN_DAN_SARAN_AFRIZAL_N[1].pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA_AFRIZAL_N[1].pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SKRIPSI AFRIZAL NOFRI)
SKRIPSI_FULL_AFRIZAL_NOFRI[2].pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hutan sekunder merupakan hutan primer yang dikelola untuk tujuan pengusahaan hutan sehingga, banyak ditemukan perkebunan kelapa sawit yang berbatasan langsung dengan hutan sekunder.Hymenoptera parasitoid adalah salah satu kelompok serangga yang sangat penting dalam Ordo Hymenoptera, karena peranannya sebagai musuh alami atau agen hayati serangga hama pada ekosistem pertanian, termasuk perkebunan kelapa sawit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari keanekaragaman, kekayaan spesies dan kelimpahan Hymenoptera parasitoid pada perkebunan kelapa sawit yang berbatasan dengan hutan sekunder. Penelitian berbentuk survei dengan mengunakan metode sampling terpilih untuk menentukan lokasi penelitian, sedangkan untuk menentukan titik sampel digunakan metode sampling acak sistematis. Untuk koleksi serangga digunakan jaring serangga (insect net) dan perangkap nampan kuning (yellow pan traps). Penelitian dilaksanakan di perkebunan kelapa sawit yang terletak di Nagari Gunung Selasih dan Nagari Siguntur. Pada tiap lokasi penelitian terdapat 10 titik sampel dengan interval jarak tiap titik sampel 100 m di sepanjang garis transek. Hasil penelitian menunjukan bahwa Jumlah total individu Hymenoptera parasitoid yang dikoleksi 199 individu termasuk ke dalam 23 famili dan 94morfospesies. Braconidae dan Ichneumonidae adalah Famili Hymenoptera parasitoid yang anggotanya banyak ditemukan pada penelitianini. Jarak titik sampel dari hutan sekunder tidak memperlihatkan pola yang konstan terhadap jumlah kelimpahan famili, dan morfospesies Hymenoptera parasitoid yangdikoleksi. Keanekaragaman Hymenoptera parasitoid pada perkebunan kelapa sawit yang berbatasan dengan hutan sekunder termasuk ke dalam kategoritinggi untuk kedua lokasi penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 10 Mar 2021 09:22
Last Modified: 10 Mar 2021 09:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/62890

Actions (login required)

View Item View Item