ANALISIS FAKTOR KEKALAHAN JOKO WIDODO PADA PEMILIHAN PRESIDEN TAHUN 2019 DI KAMPUNG JOKOWI NAGARI BATU BALANG KECAMATAN HARAU KABUPATEN LIMAPULUH KOTA

Widia, Sari (2020) ANALISIS FAKTOR KEKALAHAN JOKO WIDODO PADA PEMILIHAN PRESIDEN TAHUN 2019 DI KAMPUNG JOKOWI NAGARI BATU BALANG KECAMATAN HARAU KABUPATEN LIMAPULUH KOTA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak (1).pdf - Published Version

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (725kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI Kesimpulan)
BAB Akhir Penutup.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi fix upload (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pemilihan umum adalah bagian dari sistem demokrasi dan bentuk pemenuhan hak warga negara di bidang politik. Pemilu serentak yang dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019 di Indonesia telah selesai dilaksanakan dan pertama kali dalam sejarah politik Negara Indonesia. Untuk memperoleh kemenangan dalam kontestasi politik tersebut, banyak hal yang dilakukan oleh para kandidat termasuk untuk mempertahankan posisi sebelumnya. Sehingga kandidat harus memperhatikan proses marketing politik yang mereka lakukan agar bisa mempengaruhi pilihan masyarakat. Fenomena menarik dalam pemilihan presiden Tahun 2019 yaitu dibentuk dan dideklarasikan beberapa daerah di Indonesia sebagai Kampung Jokowi sebagai bentuk bukti dan dukungan masyarakat daerah tersebut dalam memberikan dukungan untuk kemenangan pasangan calon presiden No. urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Kampung Jokowi di Sumatera Barat salah satunya terdapat di Kabupaten Lima Puluh Kota, tepatnya di Nagari Batu Balang Jorong Boncah. Realitanya perolehan suara di Kampung Jokowi ini mengalami kekalahan. Fokus dalam penelitian ini adalah fenomena kekalahan Jokowi-Amin pada Pilpres Tahun 2019 di Kampung Jokowi Nagari Batu Balang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi dan mengindentifikasi faktor-faktor penyebab kekalahan calon presiden No. urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin di Kampung Jokowi, Nagari Batu Balang pada Pemilu Tahun 2019. Untuk menganalisis faktor-faktor tersebut peneliti menggunakan konsep marketing politik. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa faktor yang menjadi penyebab kekalahan Joko Widodo di Kampung Jokowi Nagari Batu Balang faktor internal diantaranya, program yang ditawarkan kepada masyarakat dirasakan belum merata diterima masyarakat, aktivitas promosi yang kurang maksimal, inisiator lepas kontrol, dukungan dan partisipasi masyarakat sedikit, inisiator juga tidak mempertimbangkan dengan matang daerah yang akan dideklarasikan sebagai Kampung Jokowi. Faktor eksternal diantaranya, tidak ada koordinasi dengan perangkat Nagari Batu Balang, penolakan dari perantau Nagari Batu Balang, koordinasi yang buruk antara inisiator dan tim relawan, adanya intimidasi terhadap relawan dan isu-isu negative terhadap pasangan masih dikonsumsi masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Bakaruddin Rosyidi, MS
Uncontrolled Keywords: Pilpres, marketing politik, kekalahan kandidat.
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 23 Sep 2020 04:23
Last Modified: 23 Sep 2020 04:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/62824

Actions (login required)

View Item View Item