Peran Organisasi Mahasiswa Perantauan Terhadap Mahasiswa Papua di Univeristas Andalas (Studi Kasus: Organisasi HIMAPA di Kota Padang)

Andicha, Melly (2020) Peran Organisasi Mahasiswa Perantauan Terhadap Mahasiswa Papua di Univeristas Andalas (Studi Kasus: Organisasi HIMAPA di Kota Padang). Diploma thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (368kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (561kB)
[img] Text (bab 5)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (64kB)
[img] Text (daftar pustaka)
dapus.pdf - Submitted Version

Download (28kB)
[img] Text (skripsi full)
SKRIPSI Melly Andicha pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Melly Andicha. 1510822035. Peran Organisasi Mahasiswa Perantauan Terhadap Mahasiswa Papua di Kota Padang (Studi Kasus: Organisasi HIMAPA di Kota Padang). Pembimbing I Dr. Sri Setiawati, M.A, pembimbing II Dr. Lucky Zamzami, M.Soc.Sc Jurusan Antropologi Fakultas Fisip. Di era globalisasi ini persaingan di dunia pekerjaan semakin sulit, maka dari itu pendidikan di perguruan tinggi sangat lah penting. Individu yang ingin mendapatkan pendidikan yang berkualitas tak jarang harus meninggalkan kampung halamannya. Sama hal nya dengan mahasiswa Papua yang harus merantau ke daerah di luar Papua untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi( ADIK) yang di berikan oleh Dikti adalah salah satu usaha pemerintah untuk mendukung mahasiswa Papua untuk bisa melanjutkan studi nya di Universitas Andalas. Mahasiswa Papua mulai datang ke Universitas Andalas yaitu pada tahun 2012, karena semakin banyak nya mahasiswa Papua yang datang ke Universitas Andalas maka dibentuk organisasi daerah Papua yang bertujuan untuk mewadahi mahasiswa Papua dalam memberikan aspirasi. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana kondisi aktual organisasi HIMAPA dan bagaimana Peran serta kendala organisasi HIMAPA dalam membantu mahasiswa Papua. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi partisipasif dan wawancara. Sedangkan pemilihan informan dilakukan dengan cara purposive sampling yaitu teknik penarikan informan dengan tujuan tertentu. Kesimpulan penelitian ini menunjukan bahwa kondisi aktual organisasi HIMAPA saat ini sudah menunjukan perkembangan yang sangat baik, terlihat dari banyaknya program kerja yang sudah terlaksana. Sebagai sebuah Organisasi daerah, HIMAPA sangat membantu mahasiswa Papua dalam hal adaptasi, dalam segi keuangan maupun dalam hal akademik. Organisasi HIMAPA juga menjadi keluarga bagi mahasiswa Papua yang sedang mununtut ilmu di Kota Padang. Dalam membantu mahasiswa Papua di Universitas Andalas, HIMAPA juga mempunyai beberapa kendala dari internal maupun kendala eksternal. Kata kunci: HIMAPA, mahasiswa, adaptasi, peran, organisasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Sri Setyawati, MA
Subjects: H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: s1 antropologi sosial
Date Deposited: 25 Sep 2020 04:37
Last Modified: 25 Sep 2020 04:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/62717

Actions (login required)

View Item View Item