Kajian Analisis Tingkat Kemampuan Penyerapan Polutan Logam Berat Timbal (Pb) Dari Emisi Kendaraan Bermotor Pada Tanaman Hias

Khalila, Khairani (2020) Kajian Analisis Tingkat Kemampuan Penyerapan Polutan Logam Berat Timbal (Pb) Dari Emisi Kendaraan Bermotor Pada Tanaman Hias. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (462kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir full text)
Tugas Akhir full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengkaji kemampuan tanaman hias menyerap polutan logam Pb di udara serta menentukan tanaman hias yang paling baik dalam mereduksi logam Pb dari sumber emisi kendaraan bermotor. Kajian ini merupakan analisis kajian artikel ilmiah dari artikel ilmiah 10 tahun terakhir (2011-2020) terkait dengan kemampuan tanaman dalam menyerap logam Pb di udara. Pengukuran konsentrasi logam Pb pada tanaman hias diuji dengan metode Atomic Absorption Spectrophotometri (AAS). Tanaman hias yang diteliti adalah tanaman dengan kriteria permukaan daun diantaranya memiliki permukaan berbulu halus, permukaan daun kasar, tepi daun bergerigi dan permukaan bersifat lengket. Hasil kajian dari artikel ilmiah terkait tersebut menunjukkan bahwa setiap tanaman memiliki kemampuan yang berbeda dalam menyerap polutan logam Pb di udara. Tanaman hias yang terpilih sebagai tanaman yang memiliki kemampuan yang paling baik dalam menyerap logam Pb dari 18 jenis tanaman uji pada 11 artikel ilmiah yang dikaji yaitu Bugenvil (Bougainvillea spectabilis Wild), Puring (Codiaeum variegatum), Angsana (Pterocarpus indicus), Trembesi (Samanea saman), Sirih Gading (Epipremnum pinnatum), Tanjung (Mimusops elengi), Lili Paris (Chlorophytum comosum) dan Wedelia (Sphagneticola trilobata) dengan kandungan logam Pb pada tanaman hias tersebut berkisar antara 0,05-7,31 ppm. Perbedaan konsentrasi logam Pb pada tanaman disebabkan oleh perbedaan kemampuan tanaman dalam menyerap logam Pb pada tanaman hias yang dipengaruhi oleh perbedaan dari permukaan daun masing-masing tanaman hias. Semakin kasar dan berbulu permukaan daun tanaman, semakin besar logam Pb yang dapat diserap oleh tanaman. Kemampuan tanaman dalam menyerap logam Pb di udara juga dipengaruhi oleh luas permukaan daun tanaman serta dipengaruhi oleh lama waktu pemaparan polutan dengan tanaman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Rinda Andhita Regia, MT
Uncontrolled Keywords: Kendaraan Bermotor, Logam Pb, Penyerapan, Tanaman hias.
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 22 Sep 2020 08:00
Last Modified: 22 Sep 2020 08:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/62637

Actions (login required)

View Item View Item