STRATEGI KOMITE NASIONAL RELAWAN PALESTINA SUMATERA BARAT MEMOBILISASI MASSA (Studi Terhadap Aksi Solidaritas Palestina di Kota Padang)

Yudriza, Sholihin (2020) STRATEGI KOMITE NASIONAL RELAWAN PALESTINA SUMATERA BARAT MEMOBILISASI MASSA (Studi Terhadap Aksi Solidaritas Palestina di Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover & Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
Bab IV Penutup.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Skripsi Full Text)
Skripsi full.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK YUDRIZA SHOLIHIN, 1510811019 Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas. Judul Skripsi: Strategi Komite Nasional Relawan Palestina Sumatera Barat Memobilisasi Massa (Studi Kasus Aksi Palestina di Kota Padang). Pembimbing I, Prof. Dr. Afrizal, MA dan Pembimbing II, Dr. Jendrius, M.S Skripsi ini membahas strategi mobilisasi yang dilakukan oleh Komite Nasional Relawan Palestina Sumatera Barat dalam aksi solidaritas Palestina di kota Padang yang bertujuan untuk mendukung perjuangan rakyat Palestina dalam konflik melawan Israel, tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh Komite Nasional Relawan Palestina Sumatera Barat dalam memobilisasi massa untuk menghadiri aksi solidaritas Palestina di kota Padang dan dasar-dasar pemilihan aktivitas yang dilakukan oleh Komite Nasional Relawan Palestina Sumatera Barat dalam memobilisasi masa untuk menghadiri aksi solidaritas Palestina di kota Padang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah mobilisasi sumber daya atau proses politik (political process) dari Tilly dan Zald yang membahas aspek teknis-strategis aksi kolektif dalam gerakan sosial. Sementara pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Informan dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Untuk mendapatkan data, penulis menggunakan teknik deep interview, triangulasi, dan pengumpulan dokumen kepada 12 informan. 9 orang merupakan pelaku dan 3 orang sebagai pengamat aksi solidaritas Palestina di kota Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas-aktivitas yang dilakukan dalam memobilisasi untuk menghadiri aksi solidaritas Palestina di kota Padang, yakni (1) mengurus legalisasi aksi, (2) lapangan kantor Gubernur Sumatera Barat sebagai tempat aksi, (3) Dana aksi merupakan dana operasional yang berasal dari Komite Nasional Relawan Palestina itu sendiri,(4) mengundang Walikota Padang, (5) aksi dilakukan dengan cara longmarch, (6) nama lain aksi “Aliansi Masyarakat Sumatera Barat Peduli Palestina”, (7) membawakan bendera, (8) memberikan orasi, (9) melakukan penggalangan dana, (10) menyampaikan pernyataan sikap, (11) Gubernur menerima massa aksi, (12) aksi berlangsung damai. Sementara asar-dasar aktivitas yang digunakan dalam aksi solidaritas Palestina di kota Padang, yakni (1) kajian/diskusi, (2) memanfaatkan jaringan, (3) melakukan pertemuan. Kata Kunci: Strategi, Gerakan Sosial, Aktivitas-aktitas, dan Komite Nasional Relawan Palestina

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Afrizal, MA
Uncontrolled Keywords: Strategi, Gerakan Sosial, Aktivitas-aktitas, dan Komite Nasional Relawan Palestina
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 23 Sep 2020 04:59
Last Modified: 23 Sep 2020 04:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/62630

Actions (login required)

View Item View Item