KAJIAN PEMANFAATAN ARANG KULIT PISANG (Musa Sp.) SEBAGAI ADSORBEN DALAM PENYISIHAN LOGAM SENG (Zn) DAN TEMBAGA (Cu) PADA AIR LIMBAH DENGAN PROSES ADSORPSI BATCH DAN KONTINU

Sarah, Azzahra Hamidi (2020) KAJIAN PEMANFAATAN ARANG KULIT PISANG (Musa Sp.) SEBAGAI ADSORBEN DALAM PENYISIHAN LOGAM SENG (Zn) DAN TEMBAGA (Cu) PADA AIR LIMBAH DENGAN PROSES ADSORPSI BATCH DAN KONTINU. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Pebutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (632kB) | Preview
[img] Text (GABUNGAN DRAFT TUGAS AKHIR SARAH AZZAHRA HAMIDI)
GABUNGAN DRAFT TUGAS AKHIR SARAH AZZAHRA HAMIDI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini adalah kajian literatur tentang pemanfaatan arang kulit pisang (musa sp.) sebagai adsorben dalam menurunkan konsentrasi logam berat Zn dan Cu pada air limbah. Tujuan penelitian ini mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi proses adsorpsi pada sistem batch dan kontinu. Penelitian menggunakan data sekunder yang diperoleh dari artikel ilmiah yang terbit di beberapa jurnal. Hasil pengkajian menunjukkan bahwa pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi adsorpsi pada sistem batch diantaranya, setiap konsentrasi adsorbat dinaikkan maka efisiensi penyisihannya bertambah; setiap kenaikan dosis adsorben maka efisiensi penyisihannya juga naik; setiap kenaikan waktu kontak maka efisiensi penyisihannya meningkat;diameter yang berukuran kecil menghasilkan efisiensi penyisihan yang tinggi; setiap kenaikan pH adsorbat maka efisiensi penyisihannya naik. Pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi adsorpsi pada sistem kontinu diantaranya setiap kenaikan konsentrasi pada logam Zn efisiensi penyisihan menjadi berkurang sedangkan pada logam Cu efisiensi penyisihan naik; setiap kenaikan tinggi bed pada logam Zn efisiensi penyisihan menurun sedangkan pada logam Cu efisiensi penyisihan meningkat; setiap kenaikan laju alir pada logam Zn efisiensi penyisihan menjadi naik sedangkan pada logam Cu efisiensi penyisihan menjadi turun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ridwan, M.T
Uncontrolled Keywords: adsorpsi, arang kulit pisang, Zn, Cu, batch, kontinu
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 28 Sep 2020 04:39
Last Modified: 28 Sep 2020 04:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/62561

Actions (login required)

View Item View Item