ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA LANSIA NY. S DENGAN KASUS GANGGUAN POLA TIDUR MELALUI PENERAPAN PROGRESSIVE MUSCLE RELAXATION THERAPY DI KELURAHAN BUKIT SURUNGAN KECAMATAN PADANG PANJANG BARAT KOTA PADANG PANJANG TAHUN 2020

Nilam, Martha Yulba (2020) ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA LANSIA NY. S DENGAN KASUS GANGGUAN POLA TIDUR MELALUI PENERAPAN PROGRESSIVE MUSCLE RELAXATION THERAPY DI KELURAHAN BUKIT SURUNGAN KECAMATAN PADANG PANJANG BARAT KOTA PADANG PANJANG TAHUN 2020. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
2. BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir Penutup)
3. BAB Akhir (Penutup-Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
5. Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Proses menua lansia mempengaruhi berbagai aspek kehidupan yaitu sosial, ekonomi dan terutama kesehatan karena semakin bertambahnya usia seseorang maka fungsi organ tubuh semakin menurun. Salah satu akibat yang mengganggu lansia karena adanya perubahan fisiologis yaitu gangguan pola tidur. Gangguan tidur merupakan keadaan dimana seseorang mengalami suatu perubahan dalam kuantitas dan kualitas pola istirahatnya yang menyebabkan rasa tidak nyaman atau mengganggu gaya hidup yang diinginkan, lansia rentan terhadap gangguan tidur karena adanya tekanan pola tidur. Pada lansia kelolaan didapatkan masalah yaitu gangguan pola tidur sehingga diperlukan penanganan asuhan keperawatan yang tepat dan komprehensif. Progressive Muscle Relaxation Therapy merupakan salah satu cara untuk mengatasi gangguan tidur. Tujuan dari karya ilmiah ini adalah memberikan gambaran pelaksanaan asuhan yang komprehensif terhadap lansia dengan masalah gangguan pola tidur, dengan menggunakan metode studi kasus dan memberikan asuhan keperawatan menggunakan pendekatan proses keperawatan. Hasil akhir pemberian asuhan keperawatan terjadi penambahan pengetahuan keluarga tentang perawatan gangguan pola tidur serta bertambahnya kualitas tidur lansia dibuktikan dengan hasil PSQI dari 13 ke 9 terjadi penurunan 4 skor. Diharapkan kepada Pembina wilayah puskesmas untuk meningkatkan posyandu lansia, dan mengadakan kegiatan Progressive Muscle Relaxation Therapy serta pemeriksaan kesehatan pada lansia.

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: Dr. Rika Sabri, S.Kp, M.Kes, Sp.Kep.Kom
Uncontrolled Keywords: Lansia, Gangguan pola tidur, Progressive Muscle Relaxation Therapy
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 22 Sep 2020 07:28
Last Modified: 22 Sep 2020 07:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/62526

Actions (login required)

View Item View Item