Efektivitas Ekstrak Bunga Kecubung (Datura Metel L.) Dalam Membunuh Larva Nyamuk Aedes Aegypti Penyebab Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD)

Mutia, Yuhesti (2020) Efektivitas Ekstrak Bunga Kecubung (Datura Metel L.) Dalam Membunuh Larva Nyamuk Aedes Aegypti Penyebab Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI)
BAB PENUTUP.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (319kB) | Preview
[img] Text (Full Text Skripsi)
SIKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan Penelitian Vektor utama penyakit DBD adalah nyamuk Aedes aegypti. Salah satu upaya yang bisa dilakukan dengan memutus mata rantai penularan pada siklus hidup nyamuk Aedes yaitu pada tahapan larva dengan menggunakan larvasida alami. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas ekstrak bunga kecubung (Datura Metel L.) dalam membunuh larva nyamuk Aedes aegypti penyebab penyakit demam berdarah dengue (DBD). Metode Penelitian menggunakan metode True Experimental. Sampel penelitian yaitu 450 ekor larva Aedes sp. Konsentrasi yang dipakai pada penelitian ini yaitu 0,1%, 0,2%, 0,3%, 0,4%, dan 0,5%. Penelitian ini dilakukan dengan tiga kali pengulangan. Analisis yang digunakan yaitu uji Duncan. Hasil Terdapat perbedaan signifikan jumlah larva yang mati antara kelompok diberikan perlakuan dengan kelompok yang tidak diberikan perlakuan. Hasil penghitungan statistik dengan uji Duncan menunjukan bahwa ada perbedaan rata-rata kematian larva aedes pada setiap kelompok perlakuan yaitu semakin meningkat konsentrasi maka kematian larva aedes juga semakin meningkat. Kesimpulan Larutan ektrak bunga kecubung (Datura Metel L) sangat efektif dalam membunuh larva nyamuk Aedes aegypti. Rekomendasi yang diberikan kepada Pemerintah dan masyarakat bunga kecubung dapat digunakan sebagai alternatif larvasida yang ramah lingkungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Trisfa Augia, S.Si. Apt., M.Sc
Uncontrolled Keywords: Aedes aegypti, Larvasida, Bunga Kecubung
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 21 Sep 2020 03:29
Last Modified: 21 Sep 2020 03:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/62433

Actions (login required)

View Item View Item