PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN ANAK DARI PERKAWINAN YANG BELUM TERCATAT BERDASARKAN SURAT PERNYATAAN TANGGUNG JAWAB MUTLAK (SPTJM) KEBENARAN SEBAGAI PASANGAN SUAMI ISTRI (Studi Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Padang)

Fuji, Setiawan (2020) PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN ANAK DARI PERKAWINAN YANG BELUM TERCATAT BERDASARKAN SURAT PERNYATAAN TANGGUNG JAWAB MUTLAK (SPTJM) KEBENARAN SEBAGAI PASANGAN SUAMI ISTRI (Studi Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Padang). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
Tesis Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (953kB)

Abstract

Pembuatan akta kelahiran anak mensyaratkan adanya akta perkawinan orang tua, tanpa akta perkawinan orang tua maka pada akta kelahiran anak hanya tertulis nama ibunya saja tanpa nama ayahnya. Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) Kebenaran Sebagai Pasangan Suami Istri digunakan sebagai pengganti akta perkawinan sehingga tetap dapat dituliskan nama kedua orang tua pada akta kelahiran tanpa perlu penetapan pengadilan. Berdasarkan hal tersebut, yang menjadi persoalan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses pembuatan akta kelahiran berdasarkan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Padang (2) Bagaimana kedudukan anak yang akta kelahirannya dibuat berdasarkan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) dan (3) Bagaimana akibat hukumnya terhadap hubungan perdata anak dengan ayahnya. Metode penelitian dalam tesis ini adalah yuridis empiris, yaitu penelitian yang dilakukan dengan memperhatikan norma-norma hukum yang berlaku, lalu membandingkannya dengan kenyataan atau fakta-fakta yang terjadi dilapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses pembuatan akta kelahiran dengan SPTJM di Disdukcapil Kota Padang dilakukan dengan mendaftar online pada website online.dukcapil.padang.go.id kemudian mengisi data dan mengupload formulir SPTJM Kebenaran Sebagai Pasangan Suami Istri serta persyaratan dokumen lainnya. Hasil akta kelahiran akan dikirim melalui email berupa file untuk diprint sendiri oleh masyarakat. (2) Kedudukan anak tetap sebagai anak dari perkawinan yang belum tercatat karna SPTJM tidak merubah status perkawinan orang tua secara hukum dan pada akta kelahiran dituliskan tambahan kalimat yang menerangkan status perkawinan orang tua anak yang tertulis “yang perkawinannya belum tercatat sesuai dengan peraturan perundang undangan”. (3) Anak tidak memiliki hubungan perdata dengan ayahnya karna SPTJM tidak dapat menggantikan penetapan pengadilan dalam menentukan hubungan perdata anak dengan ayahnya akibat perkawinan yang tidak tercatat. Kata kunci : akta kelahiran, perkawinan yang belum tercatat. SPTJM

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Yaswirman, M.A
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 kenotariatan kenotariatan
Date Deposited: 18 Sep 2020 08:03
Last Modified: 18 Sep 2020 08:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/62306

Actions (login required)

View Item View Item