PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP FILM DARI TINDAKAN MEMPOSTING CUPLIKANNYA MELALUI MEDIA SOSIAL BERDASARKAN HUKUM NASIONAL DAN INTERNASIONAL

Zuhdi, De Alfarisy (2020) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP FILM DARI TINDAKAN MEMPOSTING CUPLIKANNYA MELALUI MEDIA SOSIAL BERDASARKAN HUKUM NASIONAL DAN INTERNASIONAL. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (836kB)

Abstract

ABSTRAK Pada dasarnya, suatu karya cipta yang dihasilkan melalui buah pikiran seorang manusia merupakan sesuatu hal yang harus dilindungi. Perlindungan tersebut disebut sebagai perlindungan atas Hak Kekayaan Intelektual, salah satu yang dilindungi adalah Hak Cipta. Perlindungan ini memberikan kepastian hukum atas semua tindakan yang melanggar hak dari pencipta atas suatu karyanya. Perlindungan ini diatur berdasarkan Hukum Internasional yaitu Berne Convention maupun TRIPs Agreement. Sedangkan untuk hukum nasional, perlindungannya diatur berdasarkan Undang-Undang Hak Cipta dan Undang-Undang ITE. Salah satu bentuk pelanggaran terhadap hak cipta yang sering terjadi adalah pembajakan melalui media sosial. Dalam skripsi ini memuat contoh perilaku pembajakan tersebut seperti yang dilakukan oleh publik figur dalam negeri yang melakukan perekaman terhadap ciplikan film yang sedang tayang di bioskop lalu mengunggahnya ke media sosial pribadi sehingga ditonton oleh banyak orang. Yang menjadi rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana perlindungan hukum terhadap tindakan mencuplik sebagian film menurut hukum internasional dan nasional. 2. Bagaimana metode penyelesaian sengketa dari tindakan pembajakan terhadap film. Skripsi ini dimaksudkan untuk mempresentasikan bentuk perlindungan yang diberikan berdasarkan hukum internasional dan hukum nasional terhadap Hak Cipta serta penyelesaian sengketa dalam Hak Cipta. Penelitian ini menggunakan Metode penelitian yuridis normatif yaitu penelitian yang melibatkan studi kepustakaan untuk mendapatkan penemuan hukum in concerto menggunakan literatur, buku-buku referensi, dan lain sebagainya. Dengan menggunakan data sekunder, penelitian ini bertujuan untuk mengehtahui perlindungan hukum yang diberikan terhadap cuplikan film melalui media sosial. Penulis menyimpulkan: 1. Perlindungan hukum terhadap tindakan pengambilan film menurut hukum internasional dan hukum nasional 2. Metode penyelesaian sengketa dari tindakan pembajakan film yang dilakukan melalui media sosial. Selain itu juga melihat mengenai kurangnya kesadaran masyarakat akan adanya perlindungan terhadap hak cipta. Kata Kunci : Hak Cipta, Pembajakan, Postingan film melalui media sosial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof.Dr. Zainul Daulay. S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 21 Sep 2020 06:51
Last Modified: 21 Sep 2020 06:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/62264

Actions (login required)

View Item View Item