MITIGASI BENCANA DALAM PENINGKATAN KEWASPADAAN TERHADAP ANCAMAN GEMPA

Nursyabani, Nursyabani (2020) MITIGASI BENCANA DALAM PENINGKATAN KEWASPADAAN TERHADAP ANCAMAN GEMPA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf.pdf - Published Version

Download (961kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf.pdf - Published Version

Download (665kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf.pdf - Published Version

Download (708kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
skripsi fulltext.pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Nursyabani, 1310841026, Mitigasi Bencana dalam Peningkatan Kewaspadaan terhadap Ancaman Gempa Bumi Di Universitas Andalas, Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Politik dan Ilmu Sosial, Universitas Andalas, Padang, 2020. Dibimbing oleh : Dr. Roni Ekha Putera, M.PA dan Kusdarini, S.IP, M.PA. Skripsi ini terdiri dari 117 halaman dengan referensi 7 buku teori, 4 buku metode, 1 Artikel, 7 Jurnal, 1 Undang-Undang, 1 Peraturan Pemerintah, 3 Dokumen dan 6 Website Internet. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana penerapan dan proses mitigasi bencana gempa bumi di Universitas Andalas. Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingginya resiko bencana gempa bumi di Universitas Andalas dan masih rendahnya pendidikan serta pemahaman mahasiswa dan civitas akademika terhadap mitigasi bencana di Universitas Andalas. Sehingga diperlukan pengoptimalan kegiatan mitigasi kawasan kampus Universitas Andalas. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana dan Tridarma Perguruan Tinggi yang memiliki peran strategis dalam penanggulangan bencana, terutama berkaitan dengan pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. Namun pelaksanaan kegiatan mitigasi di Universitas Andalas masih belum dapat meraih sasaran, berupa adanya peningkatan kewaspadaan beserta pemahaman atas mitigasi bencana kepada mahasiswa dan civitas akademika Universitas Andalas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Sementara itu untuk menguji keabsahan data yang didapat dilapangan peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teori mitigasi oleh William Nick Carter. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara umum kegiatan mitigasi bencana dalam peningkatan kewaspadaan terhadap ancaman gempa bumi di Universitas Andalas belum berjalan optimal. Hal ini dibuktikan dengan pelaksanaan beberapa kegiatan yang tidak dapat mencapai sasaran berupa adanya peningkatan kewaspadaan bencana serta peningkatan pemahaman mahasiswa dan civitas akademika terhadap mitigasi bencana, tidak adanya regulasi yang memuat pelaksanaan kegiatan mitigasi bencana di Universitas Andalas. Kurangnya keterlibatan organisasi luar dalam pelaksanaan kegiatan mitigasi bencana, serta terbatasnya sumber daya manusia dan anggaran dalam pelaksanaan kegiatan mitigasi bencana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Roni Ekha Putera, S.IP, M.PA
Uncontrolled Keywords: Mitigasi Bencana, Pusat Studi Bencana Universitas Andalas, Komite Siaga Bencana Mahasiswa Universitas Andalas, Hipporactes Emergency Team
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 18 Sep 2020 01:38
Last Modified: 18 Sep 2020 01:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/62201

Actions (login required)

View Item View Item