ANALISIS LOGAM BERAT (Pb dan Cu) DALAM IKAN SARDEN (Sardinella sp.) KEMASAN KALENG DENGAN METODE SPEKTROFOTOMETRI SERAPAN ATOM (SSA)

Aliju, Shulhan Zhalil (2020) ANALISIS LOGAM BERAT (Pb dan Cu) DALAM IKAN SARDEN (Sardinella sp.) KEMASAN KALENG DENGAN METODE SPEKTROFOTOMETRI SERAPAN ATOM (SSA). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menentukan konsentrasi logam berat Pb dan Cu pada tiga jenis ikan sarden (Sardinella sp.) kemasan kaleng (A, B dan C) serta membandingkan metode destruksi basah dan destruksi kering untuk penentuan konsentrasi logam berat Pb dan Cu menggunakan metode Spektrofometri Serapan Atom (SSA). Preparasi sampel ikan sarden (Sardinella sp.) kemasan kaleng dengan destruksi basah menggunakan campuran HNO3 65% pekat dan H2O2 15% (3:1), dan destruksi kering menggunakan furnace dengan suhu pengabuan 420˚C. Hasil analisis ikan sarden (Sardinella sp.) kemasan kaleng yang didestruksi basah diperoleh logam Pb ( sampel A = 0,807 mg/L , B = 0,512 mg/L dan C = 0,387 mg/L) dan logam Cu (sampel A = 2,718 mg/L, B = 1,996 mg/L dan C = 1,240 mg/L) lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan Pb pada destruksi kering (sampel A = 0,432 mg/L, B = 0,339 dan C = 0,158) dan Cu (sampel A = 1,789 mg/L, B = 1,650 mg/L dan C = 1,012 mg/L). Perbandingan metode destruksi digunakan uji statistik t-test. Pada analisis logam Pb dan Cu dari kedua metode destruksi pada sampel ikan sarden (Sardinella sp.) kemasan kaleng sampel (A , B dan C) diperoleh nilai t-hitung > t-tabel ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil analisis konsentrasi logam Pb dan Cu untuk metode destruksi basah dan destruksi kering.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof.Dr. Refilda
Uncontrolled Keywords: Logam berat, destruksi basah, destruksi kering, SSA.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 17 Sep 2020 07:07
Last Modified: 17 Sep 2020 07:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/62104

Actions (login required)

View Item View Item