LAPAU KOPI SEBAGAI RUANG PUBLIK DALAM PERENCANAAN PEMBANGUNAN MELALUI PEMANFAATAN DANA DESA DI NAGARI TALANG ANAU KECAMATAN GUNUNG OMEH

Lusi, Puspika Sari (2020) LAPAU KOPI SEBAGAI RUANG PUBLIK DALAM PERENCANAAN PEMBANGUNAN MELALUI PEMANFAATAN DANA DESA DI NAGARI TALANG ANAU KECAMATAN GUNUNG OMEH. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab akhir)
BAB Akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (dapus)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img] Text (Tesis full text)
FULL TEXT TESIS - LUSI PUSPIKA SARI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://journal.unilak.ac.id/index.php/nia/article...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran ruang publik terhadap partisipasi politik dalam perencanaan pembangunan dengan pemanfaatan dana desa di Nagari Talang Anau. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan hasil penelitian menunjukkan warung kopi atau yang disebut masyarakat Talang Anau dengan lapau kopi merupakan salah satu bentuk ruang publik. Lapau kopi bersifat terbuka dan bisa diakses oleh siapa saja, siapapun bisa membaur satu sama lain sehingga ruang ini menjadi ruang diskusi yang terbuka bagi masyarakat. Perkembangan lapau kopi didorong karena adanya keinginan dan kebutuhan masyarakat akan keberadaan ruang publik. Keberadaan lapau kopi di Nagari Talang Anau hampir disepanjang jalan utama nagari ada berjumlah tujuh lapau kopi. Tiga diantaranya merupakan lapau kopi pemuda, satu lapau kopi niniak mamak dan selebihnya adalah lapau kopi yang semua kalangan ikut membaur sebagai pengunjung. Perbincangan yang terjadi di lapau kopi ini menunjukan suatu konsep musyawarah seperti yang dijelaskan dalam konsep demokrasi deliberatif memacu pada proses-proses yang terjadi dalam penentuan suatu keputusan atau kebijakan, seperti adanya musyawarah bersama di ruang publik yang menghasilkan opini publik yang mampu yang mendorong masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan perencanaan dan pembangunan dengan pemanfaatan dana desa dan lebih peduli terhadap isu yang dibahas dan mempengaruhi kebijakan di Nagari Talang Anau Kecamatan Gunung Omeh.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Aidnil Zetra, MA
Uncontrolled Keywords: Lapau kopi, Ruang Publik, Partisipasi Politik, Talang Anau
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 ilmu politik
Date Deposited: 17 Sep 2020 08:10
Last Modified: 17 Sep 2020 08:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/62066

Actions (login required)

View Item View Item