Perubahan Mata Pencaharian Masyarakat Pada Kawasan Objek Wisata (Studi Kasus di Kawasan Objek Wisata Istano Basa Pagaruyung, Nagari Pagaruyung, Kecamatan Tanjung Emas, Kabupaten Tanah Datar)

Riana, Afriani (2020) Perubahan Mata Pencaharian Masyarakat Pada Kawasan Objek Wisata (Studi Kasus di Kawasan Objek Wisata Istano Basa Pagaruyung, Nagari Pagaruyung, Kecamatan Tanjung Emas, Kabupaten Tanah Datar). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. cover dan abstrak pdf..pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
2. BAB I Pendahuluan pdf..pdf - Published Version

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
3. BAB Akhir pdf..pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka pdf..pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi Penuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Riana Afriani, 1510822033, Jurusan Antropologi Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas, Padang. Judul Skripsi: Perubahan Mata Pencaharian Masyarakat Pada Kawasan Objek Wisata” (Studi Kasus Di Kawasan Objek Wisata Istano Basa Pagaruyung, Nagari Pagaruyung, Kecamatan Tanjung Emas, Kabupaten Tanah Datar). Pembimbing I: Prof. Dr. Erwin, M.Si, Pembimbing II: Dr. Lucky Zamzami, S.Sos, M.Sc, S.Soc. Kegiatan ekonomi adalah suatu kegiatan yang selalu dilakukan masyarakat. Salah satu kegiatan ekonomi yang dilakukan masyarakat yaitu di kawasan Objek Wisata Istano Basa Pagaruyung. Istano Basa Pagaruyung merupakan objek wisata budaya yang berada di Jorong Balai Janggo, Nagari Pagaruyung, Kecamatan Tanjung Emas, Kabupaten Tanah Datar. Hadirnya kawasan objek wisata membuat masyarakat melakukan kegiatan ekonomi dikawasan tersebut karena ada peluang usaha yang menjanjikan, bahkan meninggalkan kegiatan ekonomi yang ditekuni sebelumnya. Melihat seperti apa kegiatan ekonomi yang dilakukan masyarakat serta melihat perubahan mata pencaharian dan pendapatan masyarakat setelah melakukan kegiatan ekonomi dalam pemanfaatan kawasan objek wisata Istano Basa Pagaruyung . Tipe penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Pemilihan informan dalam penelitiaan ini dilakukan dengan metode purposive sampling dengan beberapa kriteria. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk kegiatan ekonomi yang dilakukan masyarakat dlam pemanfaatan kawasan objek wisata dan menganalisis perubahan mata pencaharian dan pendapatan yang diperoleh masyarakat setelah melakukan kegiatan ekonomi dikawasan objek wisata Istano Basa Pagaruyung. Manusia memiliki kesadaran individual dan selalu menggunakan perhitungan rasional dalam melakukan tindakan. Melakukan kegiatan ekonomi di kawasan objek wisata merupakan bentuk kesadara individual dari masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan data-data, pengamatan, dan wawancara selama dilapangan, kegiatan ekonomi yang dilakukan masyarakat dikawasan objek wisata Istano Basa Pagaruyung yaitu usaha rumah makan, usaha cafe, usaha minuman, jasa parkir, pedagang souvenir, dan bekerja sebagai badut, fotografer, supir odong-odong, penyewaan kuda, penyewaan sepeda, motor dan mobil mainan untuk anak-anak. Sebelum melakukan kegiatan ekonomi di kawasan objek wisata masyarakat rat-rata bekerja sebelumnya sebagai petani. Kata Kunci : Kawasan Objek Wisata, Kegiatan Ekonomi, Rasionalitas, Perubahan mata pencarian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Erwin, M.Si
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: s1 antropologi sosial
Date Deposited: 16 Sep 2020 07:17
Last Modified: 16 Sep 2020 07:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/61873

Actions (login required)

View Item View Item