PUSPYTA, AMELIA (2016) ANALISIS USAHA RAKIK KACANG AS SYIFA DI KENAGARIAN PAGARUYUNG KAB TANAH DATAR. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Skripsi Full text)
201409041352th_skripsi puspyta amelia.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (579kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas usaha rakik kacang As Syifa dan menganalisis tingkat keuntungan dan break even point (titik impas) pada usaha rakik kacang As Syifa. Penelitian telah dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan Maret 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Usaha rakik kacang As Syifa berdiri sejak pertengahan bulan Mei tahun 2003 yang berawal dari usaha kecil dan sekarang telah berkembang menjadi usaha menengah. Usaha ini belum memiliki struktur organisasi yang tertulis untuk pengelolaan sumber daya. Tenaga kerja pada usaha ini berjumlah 47 orang dimana sistem perekrutannya menggunakan sistem kekeluargaan. Wilayah pemasaran rakik kacang As Syifa meliputi Batusangkar, Bukittinggi, Solok, Alahan Panjang, Sitiung, Pariaman, Padang Panjang dan Provinsi Riau. Pendistribusian produk rakik kacang As Syifa ini dilakukan oleh 4 orang tenaga kerja pemasaran dan bekerja sama dengan 18 orang pedagang besar. Promosi dilakukan dengan cara personal selling dan melalui iklan di radio. Usaha ini belum melakukan pencatatan yang baik dan pemilik usaha lebih mengandalkan daya ingat saja dalam mengingat transaksi yang terjadi pada usaha. Keuntungan yang diperoleh selama periode Februari sampai Maret 2014 sebesar Rp. 56.801.010,- dan titik impas kuantitas sebesar 7.724,12 kg dengan impas penjualan Rp. 143.211.714,29,-. Pemilik usaha disarankan untuk membuat sistem perekrutan tertulis dan menetapkan upah tenaga kerja produksi diatas UMP Sumatera Barat. Selain itu usaha As Syifa diharapkan dalam proses pengeringan produk tidak menggunakan kertas koran, sebaiknya menggunakan kertas steril. Disamping itu diharapkan usaha As Syifa dapat memperbaiki kemasan produk dengan melengkapi label seperti komposisi produk, batas kadarluarsa dan berat bersih produk. Usaha rakik kacang As Syifa ini juga diharapkan mampu melakukan pencatatan laporan keuangan yang baik dan lebih rinci terkait biaya-biaya yang dikeluarkan selama proses produksi. Kata kunci : operasional, pemasaran, keuangan, keuntungan, titik impas
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian |
Depositing User: | Mr Beni Adriyassin |
Date Deposited: | 30 Apr 2016 04:58 |
Last Modified: | 30 Apr 2016 04:58 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/6183 |
Actions (login required)
View Item |