PEMBERITAAN CAPRES DAN CAWAPRES MENJELANG PEMILU 2019 (Analisis Framing Janji Kampanye Capres dan Cawapres di Media Online)

Farhan, Fitriadi (2020) PEMBERITAAN CAPRES DAN CAWAPRES MENJELANG PEMILU 2019 (Analisis Framing Janji Kampanye Capres dan Cawapres di Media Online). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
cover danabstrak.pdf - Published Version

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
bab 1 pendahuluan.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR)
bab akhir.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
tugas akhir ilmiah utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Komisi Pemilihan Umum menetapkan pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden yang akan berkompetisi pada Pemilu 2019. Masa kampanye kedua pasangan calon berlangsung pada tanggal 23 September sampai 13 April 2019. Oleh sebab itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terkait pembingkaian pemberitaan janji kampanye Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di media online Kompas.com, Republika.co.id, dan Detik.com Tujuan penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui cara Kompas.com Republika.co.id, dan Detik.com membingkai janji kampanye kedua pasangan calon. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan analisis framing model framing Pan Kosicki dan Gerald M. Kosicki. Hasil penelitian ini disimpulkan berdasarkan empat perangkat model Pan Kosicki dan Gerald M. Kosicki bahwa terdapat perbedaan pembingkain yang dilakukan ketiga media online tersebut. Kompas.com dan Detik.com lebih memberikan penilaian yang baik terhadap janji kampanye Prabowo-Sandi, sedangkan Republika.co.id lebih menonjolkan janji kampanye pasangan Jokowi-Ma’ruf. Kata kunci: Framing, Pemilu, Janji Kampanye, Calon Presiden, Media Online

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Rahmi Surya Dewi, M.Si
Subjects: H Social Sciences > HX Socialism. Communism. Anarchism
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 16 Sep 2020 03:35
Last Modified: 16 Sep 2020 03:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/61829

Actions (login required)

View Item View Item