Sa Su Sekolah: Hambatan Sosial Budaya dan Strategi Adaptasi Mahasiswa Papua di Kota Padang (Studi Kasus: Universitas Andalas)

Nabila, Azizah (2020) Sa Su Sekolah: Hambatan Sosial Budaya dan Strategi Adaptasi Mahasiswa Papua di Kota Padang (Studi Kasus: Universitas Andalas). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I (Pendahuluan))
BAB 1.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 (Penutup))
BAB 5.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
FULL SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Universitas Andalas menjadi penerima mahasiswa Papua untuk progam Beasiswa ADik Papua. Perbedaan sosial budaya pada saat di lingkungan kampus dan masyarakat lokal Minangkabau menjadi hambatan bagi mahasiswa Papua ketika menempuh pendidikan di Universitas Andalas. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan faktor penghambat sosial-budaya dan mendeskripsikan strategi adaptasi yang dilakukan mahasiswa Papua selama kuliah di Universitas Andalas. Medote penelitian yang digunakan yiatu pendekatan kualitatif-studi kasus. Dengan pemilihan informan secara purposive sampling dan pemilihan informan terbagi menjadi dua yaitu informan kunci dan informan biasa. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan pencatatan secara sistematis berdasarkan data observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Dari semua data yang telah dikumpulkan akan dianalisis dengan menggunakan kerangka konseptual hambatan dan strategi adaptasi sosial budaya. Hasil penelitian ini menjelaskan Mahasiswa Papua memiliki hambatan sosial budaya disebabkan adanya perbedaan pandangan sistem sosial budaya orang Papua dengan lingkungan kampus dan lingkungan masyarakat setempat diantaranya padangan etnosentrime dan streotype mengenai Identitas mahasiswa Papua, dan perbedaan unsur-unsur budaya seperti lingkungan tempat tinggal, agama, makanan, bahasa, dan sistem pendidikan. Untuk mengatasi hambatan dan perbedaan sosial budaya tersebut, mahasiswa Papua membutuhkan waktu berdaptasi selama 1 tahun dalam memahami sistem sosial budaya di lingkungan kampus dan masyarakat setempat. Strategi adaptasi yang dilakukan yaitu penerimaan identitas yang dibangun, penyesuian tempat tinggal, makanan, ibadah, belajar bahasa dan mengatualisasikan diri melalui memperkuat identitas mahasiswa Papua di lingkungan kampus dan masyarakat setempat. Adaptasi sosial budaya ini dilakukan dalam pemenuhan kebutuhan sosial budaya mahasiswa Papua selama menempuh pendidikan di Universitas Andalas

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof.Dr. Erwin, M.Si
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa Papua, Hambatan, Strategi Adaptasi, dan Kebutuhan Sosial Budaya
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: s1 antropologi sosial
Date Deposited: 14 Sep 2020 02:18
Last Modified: 14 Sep 2020 02:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/61660

Actions (login required)

View Item View Item