HUBUNGAN MODAL SOSIAL, DUKUNGAN SOSIAL, DAN STIGMA PADA KETERLAMBATAN PASIEN DALAM PENGOBATAN TB PADA ANAK DI KOTA PADANG TAHUN 2020

Cindy, Amalia Ardhani (2020) HUBUNGAN MODAL SOSIAL, DUKUNGAN SOSIAL, DAN STIGMA PADA KETERLAMBATAN PASIEN DALAM PENGOBATAN TB PADA ANAK DI KOTA PADANG TAHUN 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB AKHIR KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
FULL SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan TB pada anak terjadi pada anak usia 0-14 tahun.Berdasarkan survei awal yang telah dilakukan di salah satu puskesmas yang berada di lingkungan kerja dinas kesehatan Kota Padang, dari 5 sampel yang di teliti , 3 sampel pasien TB anak mengalami keterlambatan pasien dalam pengobatan TB. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan modal sosial, dukungan sosial dan stigma dengan keterlambatan pasien dalam pengobatan TB anak di Kota Padang. Metode Penelitian ini menggunakan metode cross sectional. Populasi penelitian ini pasien TB anak yang berumur 0-14 tahun baik yang sedang menjalani atau sudah menyelesaikan pengobatan di semua puskesmas yang berada di wilayah kerja Dinas Kesehatan Kota Padang, dengan jumlaj sampel yaitu 83 sampel yang di pilih melalui purposive sampling dan data dianalisis dengan uji univariat dan uji bivariat (chi square 95 %) Hasil Sebagian besar responden pasien TB anak memiliki stigma tinggi, modal sosial tinggi, dukungan sosial tinggi dan cenderung terlambat dalam pengobatan TB anak. Dukungan sosial (p value = 0,03 POR 2,8) dan Stigma (p value = 0,01 POR 3,5) memiliki hubungan dengan keterlambatan pasien dalam pengobatan TB anak. Kesimpulan Dukungan sosial dan stigma berhubungan dengan keterlambatan pasien dalam pengobatan TB anak di Kota Padang tahun 2020. Petugas kesehatan dapat memberikan penyuluhan terkait dengan dukungan social, modal social dan stigma dengan keterlambatan pasien pada pengobatan TB anak dan untuk dapat mengubah persepsi keluarga dan masyarkat tentang penyakit TB anak sangat diperlukan untuk mengurangi tingkat penundaan pencarian perawatan kesehatan dini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Masrizal Dt.Mangguang, SKM,M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Dukungan sosial , keterlambatan pasien, modal sosial, stigma,tuberkolosis anak
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 16 Sep 2020 06:02
Last Modified: 16 Sep 2020 06:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/61605

Actions (login required)

View Item View Item