Pengaruh Pemberian Campuran Probiotik Lactobacillus dari Sumber Berbeda Terhadap Profil Serum Darah Broiler (Total Kolesterol, HDL, LDL, dan Trigliserida)

Sulastri, Sulastri (2020) Pengaruh Pemberian Campuran Probiotik Lactobacillus dari Sumber Berbeda Terhadap Profil Serum Darah Broiler (Total Kolesterol, HDL, LDL, dan Trigliserida). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
upload 1.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1. pendahuluan)
upload 2.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 5. penutup)
upload 3.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
upload 4.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
Skripsi Ilas watermark.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberian campuran probiotik Lactobacillus dari sumber berbeda terhadap profil serum darah broiler (total kolesterol, HDL, LDL dan Triglliserida). Penelitian ini menggunakan 96 ekor DOC broiler (strain CP-707) dan dilakukan selama 35 hari. Probiotik yang digunakan yaitu Lactobacillus F6 dan C8 yang diisolasi dari asam durian dan dadih pada konsentrasi 109 CFU/ml. Probiotik diberikan kepada ayam mulai umur 7 hari hingga 28 hari dengan waktu pemberian 1 kali dalam 1 minggu dengan metode pencekokan. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan 6 Perlakuan, yaitu P0: (kontrol), P1: pemberian 1 ml Lactobacillus F6, P2: pemberian 1 ml Lactobacillus C8 ; P3: pemberian campuran Lactobacillus F6 dan C8 1:1: P4: pemberian campuran Lactobacillus F6 dan C8 2:1; P5: pemberian campuran Lactobacillus F6 dan C8 1:2 dengan 4 ulangan. Peubah yang diamati adalah total kolesterol, HDL, LDL dan trigliserida serum darah broiler. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian campuran probiotik Lactobacillus dari sumber berbeda berpengaruh sangat nyata (P<0.01) terhadap total kolesterol, LDL, dan Trigliserida serum darah Broiler dan berpengaruh tidak nyata (P>0.05) terhadap HDL serum darah Broiler. Pemberian campuran probiotik Lactobacillus dari sumber berbeda dapat menurukan kadar kolesterol, LDL dan Trigliserida dan dapat mempertahankan kadar HDL serum darah Broiler. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian probiotik campuran Lactobacillus dari sumber berbeda pada perbandingan 2:1 dapat menurunkan total kolesterol sebesar 48.67 mg/dl, LDL 47.74 mg/dl, trigliserida 37.86 mg/dl serta dapat menaikan HDL sebesar 6.65 mg/dl Kata kunci : Lactobacillus sp, Probiotik, Broiler, Kolesterol, Trigliserida

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof.Dr.IrYettiMarlida,MS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 15 Sep 2020 04:21
Last Modified: 15 Sep 2020 04:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/61593

Actions (login required)

View Item View Item