KOMUNIKASI INTERPERSONAL DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL DALAM PELAYANAN PUBLIK (Studi Kasus pada Pelayanan Pencatatan Akta Kelahiran di Kabupaten Tanjung Jabung Barat Jambi)

ERIANSYAH, ERIANSYAH (2016) KOMUNIKASI INTERPERSONAL DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL DALAM PELAYANAN PUBLIK (Studi Kasus pada Pelayanan Pencatatan Akta Kelahiran di Kabupaten Tanjung Jabung Barat Jambi). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Tesis Full Text)
201409041349th_tesis eriansyah tjg jabung barat.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam penyelenggaraan pelayanan pencatatan akta kelahiran, petugas layanan merupakan komunikator yang menyampaikan pesan kepada setiap warga yang membutuhkan informasi. Petugas layanan dengan warga pencari layanan berkomunikasi tidak hanya formal, tetapi juga secara interpersonal. Komunikasi interpersonal yang efektif akan berhasil jika menimbulkan efek yang baik, seperti pengertian, kesenangan, dan perubahan sikap yang semakin baik, dan dapat memberikan motivasi kerja yang positif dan nyata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan komunikator dalam menyampaikan pesan kepada komunikan dan mengetahui efektivitas komunikasi bagi komunikan. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep yang dikembangkan Joseph A DeVito tentang komunikasi interpersonal. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data adalah observasi terlibat, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Observasi dilakukan untuk mendapatkan gambaran umum proses layanan yang selanjutnya dilakukan wawancara mendalam untuk mendapatkan informasi yang benar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara petugas layanan dengan warga pencari layanan terjadi komunikasi interpersonal dalam hal pelayanan akta kelahiran. Ciri-ciri komunikasi interpersonal seperti memiliki keterbukaan, adanya rasa empati, sikap saling mendukung, dan saling menghargai antar sesama rekan kerja. Pesan yang disampaikan oleh petugas layanan terdiri dari pesan verbal dan pesan nonverbal yang pada umumnya dapat dipahami oleh warga pencari layanan. Pemahaman terhadap pesan ini adalah bentuk interpretasi terhadap simbol-simbol verbal dan simbol nonverbal. Komunikasi interpersonal juga sangat penting untuk membantu memberikan pemahaman kepada warga pencari layanan. Kata kunci: komunikasi interpersonal, akta kelahiran, pelayanan prima

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers
J Political Science > JC Political theory
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: Mr Beni Adriyassin
Date Deposited: 30 Apr 2016 04:50
Last Modified: 30 Apr 2016 04:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/6152

Actions (login required)

View Item View Item