ANALISIS TINGKAT KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI PADA KOMUNITAS SEKOLAH DASAR NEGERI DI KELURAHAN PASIR NAN TIGO KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG TAHUN 2020

Sri, Mayati Ningsih (2020) ANALISIS TINGKAT KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI PADA KOMUNITAS SEKOLAH DASAR NEGERI DI KELURAHAN PASIR NAN TIGO KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG TAHUN 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 Penutup)
BAB 6.pdf - Published Version

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Kota Padang termasuk wilayah resiko tinggi gempa bumi dan tsunami yang diperkirakan menyimpan potensi gempa bumi 8,9 SR pada zona mentawai megatrust. Koto Tangah merupakan salah satu kecamatan yang berada di zona merah dengan kelurahan Pasir Nan Tigo yang merupakan salah satu kelurahan yang berada di pesisir pantai yang terdapat 3 sekolah dasar dengan jarah < 200 meter dari bibir pantai.Kesiapsiagaan komunitas sekolah dalam menghadapi bencana sangatlah diperlukan untuk meminimalisir terjadinya korban jiwa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesiapsiagaan SD Negari 06 Pasir Jambak, SD Negeri 23 Pasir Sabalah dan SD Negeri 31 Pasir Kandang terhadap bencana Gempa dan Tsunami. Metode Penelitian ini bersifat kuantitatif. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari – Mei 2020. Teknik penentuan sampel menggunakan simple random sampling. Jumlah sampel sebanyak 3 orang kepala sekolah,30 guru dan 83 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan penyebaran kuesioner. Pengolahan data dengan spss dengan analisa univariat. Hasil penelitian Hasil penelitin ini didapatkan bahwa 2 dari 3 sekolah dasar yang ada di kelurahan Pasir Nan Tigo memiliki tingkat kesiapsiagan tinggi yaitu SDN 06 Pasir Jambak, SDN 23 Pasir Sabalahdan 1 diantaranya memiliki tingkat kesiapsiagaan sedang yaitu SDN 31 Pasir Kandang. Kesimpulan Kesiapsiagaan komunitas sekolahdasar di kelurahan Pasir Nan Tigo ini tinggi dan diharapkan sekolah dapat lebih meningkatkan kesiapsiagaan dan dilakukan berkesinambungan.Disarankan kepada komunitas sekolah agar mempunyai kader dan kegiatan tentang kesiapsiagaan bencana setiap tahunnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Putri Nilam Sari, SKM, M.Kes
Uncontrolled Keywords: kepala sekolah, guru, siswa dan kesiapsiagaan bencana
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 11 Sep 2020 04:45
Last Modified: 11 Sep 2020 04:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/61450

Actions (login required)

View Item View Item