FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPATUHAN PESERTA MANDIRI DALAM MEMBAYAR IURAN JKN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TIGO BALEH KOTA BUKITTINGGI TAHUN 2020

Silvya, Ramadhayani (2020) FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPATUHAN PESERTA MANDIRI DALAM MEMBAYAR IURAN JKN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TIGO BALEH KOTA BUKITTINGGI TAHUN 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK- SILVYA RAMADHAYANI-1611211013.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1- SILVYA RAMADHAYANI.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 Kesimpulan dan Saran)
BAB 6-S ILVYA RAMADHAYANI- 1611211013 - Copy-dikonversi(2).pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA - SILVYA RAMADHAYANI.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI-S ILVYA RAMADHAYANI- 1611211013 - Copy-dikonversi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kepatuhan peserta mandiri dalam membayar iuran JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) di Wilayah Kerja Puskesmas Tigo Baleh Kota Bukittinggi pada tahun 2020 relatif rendah (63%). Rendahnya kepatuhan peserta dalam membayar iuran akan mengakibatkan deficit pada JKN. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan kepatuhan peserta dalam membayar iuran JKN di Wilayah Kerja Puskesmas Tigo Baleh Kota Bukittinggi Tahun 2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta mandiri yang tergolong PBPU di Wilayah Kerja Puskesmas Tigo Baleh Kota Bukittinggi dengan jumlah sampel 81 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Propotionate Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan analisis data secara univariat dan bivariat dengan uji statistic Chi Square dengan program komputerisasi.Hasil penelitian diperoleh 63% responden tidak patuh dalam membayar, 55,6% responden memiliki jumlah anggota keluarga besar, 61,7% memiliki jumlah pendapatan rendah, 74,1 tidak memiliki riwayat penyakit katastropik, 50,6% memiliki pengetahuan rendah, 56,8% memiliki motivasi rendah dan 59,3% terbebani dengan kenaikan iuran. Faktor yang berhubungan dengan kepatuhan peserta mandiri dalam membayar iuran JKN adalah jumlah anggota keluarga, pendapatan, riwayat penyakit katastropik, pengetahuan, motivasi dan kenaikan iuran.Terdapat hubungan yang bermakana antara jumlah anggota keluarga, pendapatan, riwayat penyakit katastropik, pengetahuan, motivasi dan kenaikan iuran JKN. Diharapkan BPJS meningkatkan sosialisasi agar peserta patuh dalam membayar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dra. Sri Siswati, Apt, SH, M.Kes
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kepatuhan membayar iuran JKN, JKN, BPJS
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 11 Sep 2020 04:28
Last Modified: 11 Sep 2020 04:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/61396

Actions (login required)

View Item View Item